08 Jan 2019 21:22

Belum Masukkan LPSDK, Berikut 5 Calon DPD yang Akan Menghadap KPU Esok

MyPassion
Ilustrasi (Istimewa)

MANADOPOSTONLINE.COM - Sejak ditutup Rabu (2/1) lalu, sampai sekarang ternyata ada lima calon DPD RI Dapil Sulut yang belum memasukkan Laporan Penerimaan Sumbangan Dana Kampanye (LPSDK).

Saat dikonfirmasi, Komisioner KPU Sulut Meidy Tinangon membenarkan hal tersebut. "Lima calon perseorangan DPD yang tidak memasukkan LPDSK, yaitu Feri Sanger Weku, Helfried Lombo, H. Sumakul, Jull Takaliuang, Vivian Tirayoh Dimpudus," beber Tinangon.

Ia menegaskan, esok (9/1), mereka (Calon DPD RI, Red) dipanggil untuk memberikan klarifikasi alasan kenapa tidak memasukkan LPSDK.

Mengenai dalih tidak tahu-menahu soal LPSDK, Tinangon melanjutkan, itu alasan yang tidak masuk akal.

Pasalnya KPU sudah berkali-kali melakukan sosialisasi dan mengirim surat pemberitahuan kepada peserta pemilu.

"Kami akan mengklarifikasi kepada mereka. Ini akan menjadi bahan penilaian oleh Kantor Akuntan Publik (KAP) terkait kepatuhan peserta pemilu," tuturnya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Sulut Herwin Malonda, mengatakan peserta pemilu wajib memasukkan LPSDK. Itu sebagaimana tercantum dalam PKPU Nomor 24 Tahun 2018 tentang dana kampanye pemilu. Sedangkan yang tidak memasukkan, itu bisa menjadi temuan pelanggaran administrasi oleh Bawaslu.

"Jika peserta pemilu juga secara tidak benar melaporkan LPSDK maka akan dikenakan sanksi. Itu sangat jelas dalam pasal 66 PKPU Nomor 24 Tahun 2018," kuncinya. (mpo)

Kirim Komentar