03 Jan 2019 10:48

Inflasi Kota Manado Tertinggi dalam Tiga Tahun

MyPassion
Grafis.

MANADOPOSTONLINE.COM—Inflasi kota Manado tahun 2018 secara year on year (yoy) berada di angka 3,83 persen. Inflasi ini pun menjadi yang tertinggi selama tiga tahun terakhir (lihat grafis, red).  BPS mencatat, selama tahun 2018 komoditas yang memberikan sumbangan terbesar terhadap inflasi adalah tomat sayur diikuti angkutan udara, cabai rawit, daun bawang serta beberapa komoditas lain.

Ekonom Sulut Dr Agus Tony Paputra berpendapat, walau terkendali, namun tingginya angka inflasi di periode tiga tahun terakhir ini merupakan pekerjaan rumah pemerintah tahun ini. Namun, menurut dia, kondisi inflasi saat ini cukup baik. “Yang ditakutkan kalau inflasi diakibatkan karena daya beli masyarakat menurun. dan ini harus disurvey lagi,” imbuhnya.

Kalau inflasi diakibatkan karena supply barang itu baik. “Biasa inflasi tinggi itu kalau minyak naik.  Kalau rupiah nelemah impor mahal maka inflasi juga ikut naik,” kata dia. Akademisi Fakultas Ekonomi Unsrat ini berujar, untuk nenjaga laju inflasi, pemerintah perlu menurunkan batas atas untuk transportasi udara. Perlu juga dijaga distribusi barang,” pungkasnya.(tr-05/fgn)

Kirim Komentar