20 Des 2018 10:32

Bijak Konsumsi Makanan Saat Natal

MyPassion
Ilustrasi

MANADO—Natal menjadi ajang kumpul-kumpul keluarga hingga makan bersama. Ketua BPMJ GMIM Bethedda Taas Tikala Pdt Janny Tewu MTh mengatakan, persiapan makanan itu merupakan gambaran sukacita merayakan Natal bersama orang-orang sekitar. "Itu hal yang lumrah bila Natal ditandai dengan makanan dan minuman sebagai ekspresi sukacita berhari Natal," ujarnya.

Menurut dia, sedangkan kelahiran anak-anak dalam keluarga pasti kita rayakan sambil makan dan minum apalagi kelahiran Sang Juruselamat. "Tetapi harus bijak berperayaan supaya Natal tidak diidentikkan dengan harus menyiapkan segala macam makanan minuman," katanya.

Dia mengakui, banyak keluarga yang mati-matian untuk menyiapkan segala sesuatu di meja Natal, sehingga tidak membawa damai tapi ribut di dapur. “Tidak sedikit yang sakit sampai di opname karena menempatkan makan minum sepuasnya, menjadi utama dari pada Natal yang membawa sukacita," jelasnya.

Dia mengajak, umat bijak bila berhari Natal. Biarlah konsumsi menjadi pelengkap bukan bapaksa dalam sukacita Natal. “Selalu diingatkan bijaklah untuk mengkonsumsi makanan secara sehat," tambahnya.

Hal yang sama diutarakan Ketua Badan Pekerja Majelis Wilayah Setrum Tatelu Pdt Frits Arthur Kelung. Menurut dia, ada kecenderungan Natal tiap tahun identik dengan praktek konsumerisme. Dia mengajak, merayakan Natal itu berarti merayakan Kelahiran Yesus Kristus yang lahir di kandang Bethlehem. "Itu berarti kesederhanaan kelahiran Yesus yang hendaknya diteladani jemaat untuk merayakan Natal," tuturnya.

"Bukan menghambur-hamburkan uang untuk makan dan minum yang berlebihan. Tapi jika ada kelebihan berkat bagikan itu untuk berdiakonia bagi sesama yang membutuhkan," ajaknya.

Sementara itu, Sekretaris Umum PP KGPM Gbl Francky Londa STh MA mengatakan, perlu ada penekanan berbagi dalam merayakan Natal. "Prinsipnya perlu sensor iman dan filter rohani untuk difungsikan dalam menyambut, memeriahkan dan merayakan Natal. Supaya tercipta kemuliaan bagi Allah dan damai sejahtera bagi umat manusia," pungkasnya. (ebenheazer/ite)

Kirim Komentar