10 Des 2018 14:01

Faktor Keluarga Salah Satu Pemicu Pernikahan Dini

MyPassion
Tetty Taramen

MANADOPOSTONLINE.COM-Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A) Kota Manado mengatakan orang tua harus berperan aktif dalam penanganan kasus pernikahan di usia dini.

Kepala Dinas (Kadis) P3A Tetty Taramen mengatakan untuk mencegah kasus ini pihak P3A gencar melakukan sosialisasi guna untuk memberikan pengetahuan khususnya kepada orang tua.

"Selain menekankan pentingnya mencegah anak dalam menikah di usia dini, kita pun selalu mengingatkan untuk peduli terhadap kekerasan dalam rumah tangga serta peran orang tua dalam menjaga anak sehingga tidak terjerumus dalam pergaulan bebas terus mengakibatkan pernikahan," ujar Taramen saat dikunjungi Manado Post Online, Senin (10/12).

Menurutnya pernikahan dini terjadi karena tidak adanya hubungan baik antara anak dan orang tua. "Sehingga mereka frustasi dan melakukan hubungan sexsual dengan lawan jenisnya. Kondisi keluarga juga berpengaruh ketika anak-anak melihat bahkan mengalami Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT), inilah salah satu pemicu adanya kasus tersebut," tutupnya.(Nofriandi)

Kirim Komentar