06 Des 2018 11:59

Belanja Infrastruktur di Sitaro Turun

MyPassion
Bob Wuaten

MANADOPOSTONLINE.COM — Belanja fisik di Kabupaten Kepulauan Sitaro, pada APBD 2019 mendatang mengalami penurunan. Saat diwawancarai Kadis PU Sitaro Ch Bob Wuaten membenarkan hal tersebut. Ia menjelaskan, saat ini total anggaran di Dinas Pekerjaan Umum Rp 65 miliar. "Itu terbagi dari DAK 20 miliar, DAU 35 miliar, dan DID 10 miliar. Tahun depan kita mengalami penurunan belanja infrastruktur seperti pembangunan jalan dan sebagainya," jelas Wuaten.

Namun, lanjutnya, ada peningkatan di sektor air minum dan sanitasi. Contohnya sarana prasarana air hanya berkisar Rp 500 juta dan kini meningkat menjadi Rp 7 miliar. “Tentu ini merupakan peningkatan signifikan, serta disesuaikan dengan usulan kebutuhan daerah. Sebab penyediaan air minum dan sanitasi salah satu fokus pembangunan prioritas tahun depan," terangnya.

Ia menambahkan, pengerjaan proyek fisik seperti pemeliharaan jalan dan percepatan pembangunan jalan lingkar terutama jalan lingkar utara, akan tetap dikerjakan. "Walaupun secara bertahap, namun pasti akan diselesaikan karena kita tetap menyesuaikan dengan kemampuan daerah," bebernya. Jika dihitung, kata Wuaten, keseluruhan anggaran di Dinas PU turun hingga Rp 87 miliar. “Terdiri dari DAK 35 miliar dan DAU 52," singkatnya.

Sementara itu Bupati Sitaro Evangelian Sasingen SE menjelaskan, meski adanya penurunan dalam belanja fisik, namun secara keseluruhan program 2019 mendatang mengalami peningkatan. "Sebab banyak program nonfisik yang direncanakan. Seperti penguatan di sektor kesehatan maupun pendidikan," pungkasnya. (drp/gel)

Kirim Komentar