06 Des 2018 13:08

BP2RD Minahasa Gelar Bimtek Pengisian SPOP-LSPOP

MyPassion
Kepala BP2RD Jan Luntungan (keempat dari kiri), foto bersama dengan sejumlah camat di Kecamatan Kawangkoan. (Dok BP2RD)

MANADOPOSTONLINE.COM — Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BP2RD) Kabupaten Minahasa menggelar bimbingan teknis (bimtek) tata cara pengisian Surat Pemberitahuan Objek Pajak (SPOP) dan Lampiran Surat Pemberitahuan Objek Pajak (LSPOP) pada pengelola PBB-P2. Kegiatan tersebut digelar sedari 4-7 Desember di wilayah Kawangkoan, Tompaso dan Sonder.

Kepala BP2RD Kabupaten Minahasa Jan Luntungan menjelaskan, untuk meningkatkan penerimaan PAD, maka tahun depan akan dilaksanakan pendataan penilaian PBB-P2. Dikatakannya mendahului itu, maka dilaksanakanlah bimtek.

"Kegiatan Bimtek ini dilakukan guna mendahului inovasi yang bakal dilakukan tahun depan, yakni pendataan penilaian PBB-P2 dalam rangka peningkatan PAD. Nantinya saat pengisian data para perangkat Kecamatan, Kelurahan, dan Desa sudah paham," jelas Luntungan, Rabu (5/11).

Dirinya berharap dengan mengikuti Bimtek, para petugas saat pengisian SPOP dan LSPOP nanti sudah mengerti. "Jadi, sebelum kami melakukan penilaian tahun depan, perangkat kecamatan dan masyarakat diberikan bimtek bagaimana cara pengisian datanya," sebutnya.

Ditambahkannya, pendataan penilaian yang akan dilakukan tahun depan orientasiya adalah penilaian Nilai Jual Obyek Pajak (NJOP). Karena katanya berdasarkan data base PBB yang diterima dari Kantor Pajak Pratama Bitung, pendataannya terakhir tahun 1983. "Otomatis sudah perlu penyesuaian terkait data basenya. Jadi tahun depan sudah kita programkan untuk melakukan pendataan penilaian PBB-P2," bebernya.

Selain itu juga, kegiatan pendataan nantinya juga bertujuan meminimalisir pengaduan masyarakat atas pengelolaan PBB-P2, seperti pengaduan objek pajak belum terdaftar atau pajak ganda. "Dengan dilaksanakan kegiatan tahun depan yang diawali bimtek ini, kami yakin 100 persen keluhan dan pengaduan dari masyarakat sudah tidak ada lagi," tuturnya. (tr-03/tan)

Kirim Komentar