06 Des 2018 11:48
Bersumber dari DAK

5,1 Miliar Beli Kapal dan Mobil

MyPassion
Frans Porawouw

SANGIHE — Bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) senilai Rp 5,1 miliar, tahun 2019 Kabupaten Kepulauan Sangihe bakal mendapat 2 buah kapal dan 3 unit mobil jenis Toyota Hilux. Hal ini dibeberkan Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Sangihe Frans Porawouw. Dirinya berharap, rencana tersebut bisa terealisasi tahun depan.

“Kapal dan mobil ini peruntukannya bagi BUMDes yang siap mengelolanya. Tentunya kapal akan diperuntukkan bagi wilayah pulau, dan mobil untuk wilayah darat yang sulit kendaraan seperti di bagian selatan Kabupaten Sangihe,” jelasnya saat dikonfirmasi Rabu (5/12) kemarin.

“Kampung yang ingin mendapatkan bantuan tersebut, tentu harus mengajukan proposal, kemudian harus ada musyawarah desa serta kepengurusan BUMDes yang jelas dan aktif,” tegasnya.

Disentil terkait dua kapal yang diperuntukkan bagi pengelolaan BUMDes di dua pulau tahun 2018 ini, Porawouw mengatakan kapal tersebut masih dalam perjalanan dari Kabupaten Banyuwangi.

“Jadi nanti sesampainya kapal tinggal menunggu petunjuk bupati. Apakah langsung diserahkan atau seperti apa. Karena sesampainya kapal juga masih ada pemeriksaan dari BPK,” tandasnya.

Dia menambahkan, pengadaan kapal tersebut memang diperuntukkan bagi BUMDes. Namun Dishub juga masih ada wewenang dengan menarik kembali kapal dan akan diserahkan kepada BUMDes yang siap. “Belajar dari pengalaman ada kapal belum genap 1 tahun sudah tidak bisa digunakan sehingga mubazir. Jadi dalam pemberian kapal, kami akan membuat perjanjian dengan pengelola BUMDes sebagai calon penerima, apakah mereka sanggup untuk mengelolanya dan juga siap untuk biaya operasional kapal? karena jelas biaya operasional itu sangat besar, jadi harus ditanya apakah dana BUMDes  cukup untuk operasional kapal atau seperti apa,” kuncinya. (wan/gnr)

Kirim Komentar