05 Des 2018 13:49

Tak Masukkan LDK, Caleg Gugur

MyPassion
KETAT: Bimtek yang digelar KPU Manado membahas mengenai teknis pelaporan kekayaan caleg. (Magdalena Utusan/MP)

MANADO—Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Manado menggelar bimbingan teknis (Bimtek) terkait pedoman audit dana kampanye di Hotel Gran Puri Manado, Selasa (4/11). Bimtek dihadiri perwakilan peserta pemilu.

 

"Yang terpenting dalam bimtek ini, parpol mengerti aplikasi dana kampanye ini. Jika tidak mengerti, disediakan help desk di Kantor KPU. Mereka boleh berkoordinasi. Sehingga tidak salah dalam membuat Laporan Dana Kampanye (LDK)," tutur Ketua KPU Manado Sunday Rompas.

Rompas menambahkan dana kampanye ini memang terlihat sepele, tetapi sangat berisiko. “Bisa mengakibatkan gugurnya caleg. Jadi meski pada akhir kampanye atau sudah siap dilantik tetapi tidak menyelesaikan laporan akhir dana kampanye, yang bersangkutan pasti tidak akan dilantik,” sebutnya.

Komisioner Hukum dan Pengawasan KPU Manado Jusuf Wowor yang juga penanggung jawab bimtek menambahkan, sesuai regulasi mereka selalu menjalankan tahapan seperti bimtek kali ini. Nantinya 2 Januari, peserta pemilu harus melaporkan sumbangan dana kampanye.

"Kami berharap dalam penyusunan laporan dana kampanye nanti, KPU dan peserta pemilu satu pemahaman. Sehingga bisa sesuai dengan regulasi dari KPU RI," tukasnya.(ctr-04/gel)

Kirim Komentar