05 Des 2018 12:14
Wagub: Ini Upaya Jangka Pendek

Perusahaan Besar Sepakat Naikan Harga Kopra

MyPassion
CARI SOLUSI: Wagub Sulut Steven Kandouw menggelar rapat bersama dengan sejumlah perusahaan besar untuk meningkatkan harga kopra, Selasa (4/11).

MANADO—Ini kabar gembira untuk petani kelapa di Sulut. Sejumlah perusahaan besar bakal menaikan harga kopra dalam waktu dekat. Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw mengatakan, hal ini adalah upaya jangka pendek untuk membantu petani kelapa menyambut Natal dan Tahun Baru (Nataru).

 

Menurutnya, beberapa perusahaan besar yang sepakat menaikan harga itu seperti PT Cargil Indonesia Amurang, PT Salim Ivomas Pratama Bitung, PT Agro Makmur Raya Bitung, dan PT Multi Nabati Sulawesi Bitung.

“Maka kita sudah bisa pastikan, harga kopra dalam waktu dekat sudah akan naik," tuturnya.

Lanjutnya, pemprov juga berencana menyambangi kantor pusat setiap perusahaan untuk memastikan kenaikan harga kopra tersebut.

"Walaupun pabrikan yang ada di Sulut sudah menyanggupi, tapi kita akan memastikan juga untuk bersama dengan kantor cabang di Sulut ini berangkat ke Medan dan Jakarta untuk membicarakan dengan pimpinan utama. Dan itu sudah disepakati oleh kantor cabang," jelasnya.

Sementara, Kepala Dinas Perkebunan Daerah Sulut Refly Ngantung mengatakan, salah satu persoalan harga kopra rendah karena banyak pengepul mulai dari tingkatan desa, kecamatan, kabupaten hingga provinsi.

“Untuk mengintervensi agar petani mendapat banyak, kita akan perpendek mata rantai penjualan itu. Sehingga petani mendapatkan nilai jual lebih," ujarnya.

Terpisah, pengamat pemerintahan Jhony Lengkong mengatakan, pemerintah memang sudah seharusnya mencari jalan keluar di tengah kebuntuan dan desakan petani kopra.

"Memang menjadi tugas pemerintah untuk memberikan terobosan baru seperti ini. Kalau perlu desak, ya harus didesak semua pihak swasta. Namun yang harus diantisipasi pemerintah, jangan sampai dinaikkannya harga kopra ini namun berujung pada pemotongan CSR. Ini yang harus diseriusi dan ditekankan," ungkapnya. (tr-02/can)

Kirim Komentar