04 Des 2018 11:47

Penyuluh BPTP Sulut Uraikan Teknik Budidaya Pepaya Merah Delima

MyPassion
Arnold C Turang memantau tanaman pepaya di Kebun Percobaan (KP) Pandu.

MANADOPOSTONLINE.COM - Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Provinsi Sulawesi Utara melalui Badan Penelitian Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) sudah menghasilkan banyak teknologi inovasi untuk petani Indonesia. Khususnya di Sulawesi Utara. Kebun Percobaan (KP) Pandu, sejak tahun 2011 (saat pengembangan m-KRPL) sudah mengembangkan Kebun Bibit Induk (KBI) untuk membantu menyediakan benih dan bibit bagi petani.

 

Dikatakan Kepala Balai Dr.Ir.Yusuf,MP,MSc. melalui Penyuluh Pertanian dan juga selaku pengelolah PPID dan Kehumasan,  Arnold C. Turang,SP. Bahwa ini sudah merupakan tugas BPTP Sulut sebagai sumber teknologi Inovasi di daerah. BPTP memiliki KP dan KBI sebagai tempat budidaya dan produksi benih hasil karya para peneliti Balitbangtan.

 

Belum lama ini, Turang uraikan teknik budidaya perspektif agribisnis untuk tanaman pepaya. Kenapa pepaya? karena tanaman itu termasuk banyak diminati dan dimintai petani. Dan yang dideraskan adalah pepaya merah delima. "Ini karena keunggulan tanaman yang sudah dihasilkan dari karakterisasi, seleksi dan hibridisasi oleh Balitbangtan. Keunggulannya yaitu, buah tebal lebih dari 3 cm, rasa manis, warna daging buah merah orange dan produktivitas 70-90 ton per hektare dengan ukuran buah pepaya sedang," sebut Arnold, Selasa(4/12).

lanjut Turang, teknik itu dilakukan di KBI Pandu. "Karena KBI Pandu menghasilkan benih-benih sayur buah dan tanaman tahunan yang induknya didatangkan melalui Balai Penelitian (Balit). Benih dikembangkan dan dilakukan perbanyakan untuk hasilkan benih. Sehingga untuk kebutuhan benih masyarakat dapat dipenuhi. Entah melalui Kawasan Rumah Pangan Lestari (MKRPL) atau disiapkan untuk komersialisasi melalui Taman Agro Inovasi Mart (Tagrimart)," tambahnya menjelaskan.

Dirinya pun menuturkan, selain pepaya tanaman yang termasuk banyak diminati dan diminta petani, baik kelompok KRPL maupun pribadi, adalah Cabe, Tomat dan Bayam serta Sirsak unggul.

Lebih lanjut, Turang yang juga merupakan TIM Penyuluh BPTP Balitbangtan menjelaskan teknik budidaya tanaman pepaya dari teknik penyiapan benih, bibit, cara semai, olah tanah, perawatan dan pengendalian hama sampai pada panen dan pasca panen pepaya merah delima.(gab)

Kirim Komentar