04 Des 2018 13:53

Kabupaten/Kota Kurang Peduli Kesehatan, SK: 320 Ribu Warga Belum Tercover BPJS

MyPassion
Steven Kandouw

MANADO—Ternyata masih banyak daerah kurang peduli dengan bidang kesehatan. Hal ini terlihat dari alokasi dana kesehatan di kabupaten/kota di Sulut yang minim. Padahal, menurut Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw (SK), daerah diamanatkan untuk mengalokasikan 10 persen dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) untuk bidang kesehatan.

 

"Jadi untuk sekarang, baru lima kabupaten/kota yang mengalokasikan 10 persen APBD mereka untuk sektor kesehatan. Kan sesuai aturan itu, daerah harus mampu mengalokasikan 10 persen. Ini bukan keinginan saya, ataupun instruksi saya. Ini petunjuk Undangan-undang (UU)," ungkapnya setelah membuka Hari Kesehatan Nasional (HKN) di Sulut, Senin (3/12).

Di sisi lain, dia menyorot soal masih banyak masyarakat belum tercover BPJS. “Menurut BPJS, masih ada 20 persen atau 320 ribu warga belum tercover. Jadi ini menjadi pekerjaan rumah dan harus secara bersama kita selesaikan," imbuhnya.

Pemprov Sulut sendiri, menurut SK, akan terus mendorong agar sektor kesehatan dapat naik drastis. Dia membeber, minimnya Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari 15 kabupaten/kota juga menjadi salah satu hambatan memenuhi alokasi 10 persen dana kesehatan.

"Sekarang anggaran 10 persen ini harus ditutupi dengan integritas diri yang baik dalam melakukan pelayanan. Jangan sampai, anggaran yang tidak terpenuhi dan ditambah integritas yang tidak baik. Maka akan sangat merugikan warga," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Daerah Sulut Debie Kalalo mengatakan, memang masih ada pekerjaan prioritas yang sedang digenjot. Antara lain, pemenuhan vaksin MR yang tak lama lagi masa perpanjangan akan habis.

"Sesuai permintaan pimpinan, tentu di HKN ini menjadi bahan evaluasi kita. Kita juga tidak menutup, bahwa ada pekerjaan yang sedang digenjot. Antara lain mencegah stunting, eleminasi tuberkulosis, serta meningkatkan gerakan masyarakat hidup sehat. Dan tentu kita melakukan koordinasi dengan kabupaten/kota untuk mencapai semua target ini," kuncinya. (tr-02/can)

Kirim Komentar