28 Nov 2018 14:22

Pilot Tertidur, Pesawat Terlewat Sejauh Hampir 50 KM

MyPassion
Ilustrasi pesawat.

MANADOPOSTONLINE.COM---Sebuah pesawat kecil telah melampaui tujuannya di Australia hampir 50 km. Hal ini disebabkan sang pilot yang tertidur di kokpit.

Insiden ini diklasifikasikan sebagai kasus ketidakmampuan, dan sedang diselidiki oleh Biro Keamanan Transportasi Australia (ATSB). Para pejabat belum mengatakan bagaimana pilot terbangun sebelum mendaratkan pesawat dengan selamat.

Pesawat Piper PA-31, yang dioperasikan oleh Vortex Air, telah dijadwalkan untuk menyelesaikan perjalanan 240 km pada pukul 07.15 waktu setempat. "Selama penerbangan pilot tertidur akibatnya pesawat terlewat dari King Island sejauh 46 kilometer," kata ATSB dalam pernyataan singkat.

Ahli penerbangan Neil Hansford mengatakan, Australia memiliki aturan ketat terkait dengan kelelahan pilot. "Tidak ada ceritanya di dunia ini orang yang kelelahan tetap ditugaskan untuk terbang," katanya

Di situs webnya, Vortex Air mengatakan, mereka menjalankan penerbangan charter untuk kelompok, perusahaan, dan wisatawan di seluruh Australia. ATSB mengatakan, pihaknya akan mewawancarai pilot dan meninjau prosedur operasi sebelum merilis laporan tahun depan.

Tahun lalu, lima orang tewas ketika sebuah pesawat dalam perjalanan ke King Island jatuh beberapa saat setelah tinggal landas di Melbourne.(jpc/tan)

Kirim Komentar