21 Nov 2018 09:55
Supit: Sebelumnya Tidak Tercantum di RKP

Dua Fraksi Coret Anggaran Monumen Yesus Memberkati

MyPassion
Syenny Supit

MANADOPOSTONLINE.COM — Rencana Pemerintah Kota Tomohon membangun monumen di Kompleks Menara Alfa Omega, mendapatkan penolakan di meja DPRD. Pembangunan patung Yesus Memberkati di pusat kota yang berbanderol Rp 10 Miliar yang diusulkan melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang itu, ditentang dua fraksi yang ada di kantor rakyat kota bunga. Masing-masing, Fraksi PDI-P dan Partai Demokrat.

Anggota Fraksi PDI-P Syenny Supit menjelaskan, penolakan rencana pembangunan tersebut dikarenakan dalam rangkuman Rencana Kerja Pemerintah (RKP) tahun 2019, wacana tersebut tidak tercantum. “Bukannya tidak support dengan prioritas pembangunan infrastruktur yang menopang Kota Tomohon menuju kota destinasi wisata internasional. Tapi, tiba-tiba saja proyek pembangunan monumen tersebut ada di pembahasan. Otomatis, kami menolaknya," beber Supit.

Hal senada juga diungkapkan Ketua Fraksi PDI-P Harun Lululangi. Dikatakan Lululangi, masih ada sejumlah program prioritas lainnya, yang harusnya diselesaikan pemerintah kota sebagai eksekutor di lapangan. "Misalnya pengfokusan pengelolaan dan peningkatan kapasitas tujuh kawasan kumuh di Tomohon, percepatan perluasan TPA dan hal-hal lainnya. Bukannya, memilih membangun lagi monumen. Penting juga sih, tapi secara keseluruhan belum terlalu mendesak," jelas dia

Bahkan katanya, seluruh proses perencanaan pembangunan dan program yang disusun pemerintah haruslah bersifat bottom-up, melibatkan seluruh pihak utamanya masyarakat. "Sebagian program kerja yang disusun pemerintah sudah melibatkan masyarakat, bersyukur saat ini sudah ada sistem dan mekanisme e-musrenbang. Intinya, apa yang direncanakan wajib dikonsultasikan dengan semua pihak. Kalau seperti yang kita coret ini, kayaknya ada ketergesa-gesaan," pungkasnya. (jul/tan)

Kirim Komentar