17 Nov 2018 11:51

PKK Kumpul 800 Kader, OD Janji Tambah Anggaran

MyPassion
USUNG KEARIFAN LOKAL: Salah satu peserta defile dalam temu kader PKK kemarin, foto bersama Ir Rita Tamuntuan.

MANADO—TP PKK Provinsi Sulut menggelar cara temu kader, kemarin. Saat diwawancarai Manado Post, Ketua TP PKK Sulut Ir Rita Dondokambey-Tamuntuan mengatakan acara ini merupakan agenda rutin setiap tahun. “Kita mengundang semua kader. Saat ini terkumpul lebih dari 800 orang,” sebut Tamuntuan.

Dia mengatakan, ada berbagai kegiatan digelar. Mulai dari defile yang menunjukkan kearifan lokal 15 kabupaten/kota, penyerahan penghargaan adhi bhakti Pratama bagi TP PKK provinsi dan kabupaten/kota, lomba cepat dan tangkas PKK. “Kita juga menyosialisasikan Perpres tentang gerakan PKK dari Kementerian Dalam Negeri,” beber Tamuntuan.

Di kesempatan yang sama, Gubernur Olly Dondokambey saat membawakan sambutan mengakui peran utama TP PKK. Bahkan diibaratkan OD, sapaan akrabnya, PKK ini layaknya bupati. Diapun berjanji anggaran untuk PKK pada APBD 2019 dinaikkan.

“Bersyukurlah kegiatan ini dilaksanakan di tanggal begini, saat pembahasan APBD. Ibu-ibu mau berapa? Saya akan minta bupati dan wali kota alokasikan 1,5 (miliar) untuk PKK,” ujarnya, yang disambut tepuk tangan ibu-ibu.

Jika daerah tidak mematuhi ini, kata Olly, dia yang akan menganggarkan. “Kan APBD kabupaten/kota saya yang tanda tangan,” katanya sembari tertawa yang kembali mengundang tepuk tangan peserta. Hal tersebut, kata Olly, bukan tanpa alasan.

“PKK menjadi ujung tombak, dalam pelaksanaan program-program pemerintah di bidang kesehatan, pendidikan, pertanian, pariwisata, kelestarian lingkungan, dan program-program kesejahteraan lainnya sehingga kita dapat mengoptimalkan pencapaian visi pembangunan di daerah ini, menuju kesejahteraan yang setinggi-tingginya," imbuh Olly.

Hadir dalam kegiatan ini, Wagub Drs Steven Kandouw, Wakil Ketua TP PKK dr Devi Kandouw-Tanos, dan TP PKK kabupaten/kota.(gel)

Kirim Komentar