17 Nov 2018 08:51
Kesulitan Capai Passing Grade

1.543 Peserta Sulit Bersaing Jadi CPNS di Sangihe

MyPassion
Ilustrasi

MANADOPOSTONLINE.COM — Seleksi kompetensi dasar (SKD), benar-benar jadi momok menakutkan bagi peserta calon pegawai negeri sipil (CPNS). Ketakutan tersebut juga terbukti di Kabupaten Kepulauan Sangihe.  Dari 1.569 yang mengikuti tes Computer Assisted Test (CAT), hanya 26 dinyatakan lolos passing grade. Sementara 1.543 peserta lainnya kesulitan bersaing ke tahap selanjutnya.

“Jadi untuk dua hari seleksi yang dilaksanakan di BKN Manado, hanya 26 orang yang lolos passing grade yang diikuti oleh 1.569 peserta,” ujar Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sangihe Steven Lawendatu, kepada harian ini, Kamis (15/11).

Lawendatu mengatakan, dari tiga unsur yang diuji, tiap peserta jatuh pada Tes Inteligensi Umum (TIU) dan Kepribadian. “Ini baru tahapan Seleksi Kompetensi Dasar dan paling banyak peserta ciri di dua unsur ini, yaitu TIU dan Kepribadian, banyak nilai di bawah passing grade,” kata Lawendatu.

Menurutnya, jumlah peserta yang lolos sangat kecil dibandingkan dengan kuota yang tersedia untuk Kabupaten Sangihe ada 270 kursi.  tapi menurutnya, ada upaya dari Pemkab Sangihe dengan menyurat ke MenPAN-RB untuk mempertimbangkan persoalan nilai ambang batas tersebut. “Ini bukan hanya Sangihe saja, tapi secara nasional banyak juga pesertanya pencapaian masih di bawah 10 persen,” ungkapnya.

Lebih lanjut, untuk yang lolos seleksi semua mengacu Permen 36 tentang passing grade. Katanya Panselnas juga masih menunggu beberapa kabupaten kota yang melakukan seleksi CAT. “Kami berharap, pemerintah pusat dapat meninjau kembali hasil seleksi," tukasnya, sembari menambahkan para peserta yang lolos SKD masih akan mengikuti tes SKB. (wan/gnr)

Kirim Komentar