16 Nov 2018 10:26

Segera Bentuk KIM di Mitra

MyPassion
Sekkab Mitra Robby Ngongoloy saat lakukan melakukan pengenalan dan pembinaan KIM dihadapan para camat, lurah dan hukum tua, Kamis (15/11). (Dok Humas)

MANADOPOSTONLINE.COM — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mitra menggelar pembinaan dan pemberdayaan kelompok informasi masyarakat (KIM). Kegiatan yang dibuka Sekretaris Kabupaten Mitra Robby Ngongoloy diikuti seluruh camat, lurah dan hukum tua, di atrium Kantor Bupati, Kamis (15/11).

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Made Alit mengatakan, ini merupakan tahap awal sosialisasi KIM ke masyarakat. Di mana KIM nantinya merupakan lembaga layanan publik yang di bentuk dan dikelola sendiri dan untuk masyarakat. Serta berorientasi pada layanan informasi dan pemberdayaan masyarakat sesuai kebutuhan. "Ini nantinya jadi wadah bagi masyarakat umum. Untuk melakukan kegiatan dalam mengatasi hambatan informasi," katanya.

Alit melanjutkan, pihaknya bakal menyurat ke tiap desa. Supaya melakukan pembentukan KIM ini. "Namun tentu menjadi KIM ini, memiliki spesifikasi. Karena dalam mengelola informasi harus yang berintegritas dan jujur," ujarnya.

Adapun pembentukan organisasi KIM menghimpun 3-30 anggota dari kalangan masyarakat dengan beragam profesi baik struktur, anggaran dasar/anggaran rumah tangga (AD/RT) KIM. Serta mampu menyusun program kerja. "Akan dilihat tentunya mana yang bakal ditunjuk sebagai pengelolah KIM," tambah Alit.

Sementara itu, Sekkab Mitra Robby Ngongoloy mengatakan KIM ini merupakan wadah bagi masyarakat untuk memperoleh dan mengolah,  serta menyebarkan informasi. "Karena sebagai sumber informasi dan aspirasi harus terpercaya, aktual dan faktual artinya anti hoax dan sesuai fakta," tutur Ngongoloy.

Untuk itu,  diharapkan dapat memenuhi kebutuhan informasi yang bermanfaat bagi masyarakat. Guna mengurangi kesenjangan akses informasi antara pemerintah, dunia usaha dengan masyarakat.  Serta dapat meningkatkan kualitas SDM masyarakat.

"Anggota KIM mempunyai kopetensi yang memiliki kepedulian pada lingkngan, gotong royong,mempunyai integritas, jujur dan bertanggung jawab. Kader yang punya kompetensi kepemimpinan,manajerial memotivasi dan tak kalah penting terampil dalam akses informasi melalui berbagai media. Termasuk internet dan memiliki kemampuan berkomunikasi dua arah dengan masyarakat termasuk promosi," tandas Ngongoloy. (cw-01/tan)

Kirim Komentar