16 Nov 2018 08:51

Indonesia Potensi Tempatkan Dua Wakil

MyPassion
MELAJU: Jonatan Christie mampu memenangkan duel dengan Anthony Ginting, sesama tunggal putra andalan Indonesia. (Timindonesia.id)

HONGKONG-Bentrok antara Jonatan Christie dan Anthony Ginting kembali berlangsung di Hongkong Open 2018. Kali ini, giliran Jojo-Jonatan Christie yang mampu memenangkan duel sesama tunggal putra andalan Indonesia tersebut. Jojo menang dua set langsung, 21-15, 25-23.

"Perbedaannya, kali ini Jonatan lebih siap dari semua hal, dia juga nggak gampang mati sendiri," kata Anthony dalam surat elektronik PP PBSI. Hasil tersebut sekaligus menyamakan head to head di antara mereka. 

Kemenangan yang berlangsung di Hongkong Coliseum itu membuka kembali peluang Jojo bersaing untuk memperebutkan satu tempat di BWF Tour Finals yang berlangsung di Guangzhou, Tiongkok 12-16 Desember mendatang. Sebelumnya, Indonesia kemungkinan besar mengamankan satu slot via Tommy Sugiarto.

Hingga babak kedua berakhir kemarin, Jojo menempati peringkat 10. Untuk bisa masuk setidaknya 8 besar, Jojo wajib juara di Hongkong Open 2018. 

Bila terwujud, Jojo akan mendulang 9.200 poin. Dengan begitu dia akan mengumpulkan poin total 66.950 poin, melewati raihan poin Ginting saat ini, 66,610. Di atas kertas Jojo akan melewati Ginting dan berhak atas slot di BWF Tour Finals.

Tetapi, bagi Jojo, menghadapi Kento Momota di 8 besar hari ini tidaklah mudah. Terakhir kali berjumpa Jojo kalah di All England 2016 dalam rubber set, 21-19, 18-21, 13-21 untuk kemenangan Momota.

“Momota tidak gampang dimatikan, akurasi pukulannya bagus, saya harus lebih sabar, tenang, ulet dan berani capek,” terang Jojo. Kedua pemain punya kesamaan, yakni power smash yang mematikan. Bedanya, Jojo right handed, sedangkan Momota pemain kidal.

Di ganda putra, potensi Indonesia menempatkan dua wakil juga masih terbuka lebar. Saat ini, baru Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo tidak tergoyahkan di puncak perebutan poin menuju BWF Tour Finals. Pada Hongkong Open ini, mereka juga masih melaju ke kuarter final setelah mengalahkan veteran, Mathias Boe/Carsten Mogensen, 16-21, 21-19, 21-9.

Satu slot lainnya masih diperjuangkan dua ganda putra pelatnas lainnya. Yakni Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan dan Fajar Alfian/M. Rian Adrianto. Keduanya mampu menjejak 8 besar Hongkong Open.

“Kami maksimalkan dulu di Hongkong Open, kalau bisa masuk ke BWF Tour Final ya siap saja,” terang Hendra saat dikonfirmasi. Di sisi lain, Fajar/Rian juga pantang menyerah dari seniornya. Mereka masih punya kesempatan menambah perolehan poin di India pekan depan. (JPG/can)

Kirim Komentar