16 Nov 2018 17:09

Bantuan Hukum Mobile Diluncurkan

MyPassion
Kajari Minut Rustiningshi menggunti pita sebagai tanda beroperasinya mobil dinas pelayanan hukum, kemarin. (Rianthy Kalalo/MP)

MANADOPOSTONLINE.COM — Kejaksaan Negeri (Kejari) Minahasa Utara (Minut) tak hentinya berinovasi demi kemajuan Tanah Tonsea. Terbukti, Kamis (15/11) kemarin, Kejari meluncurkan mobil dinas operasional pelayanan hukum, untuk memaksimalkan penanganan kasus pidana khusus, perdata dan pidana umum di Minut.

Diresmikan Kajari Rustiningsih SH MSi didampingi Kasi Pidsus Anthonius Silitonga SH dan Kasi Intel Mursyidi SH serta Kasi Pidum Devy Anggreta SH. Dikatakan Rustiningshi, dengan hadirnya mobil pelayanan umum ini akan sangat membantu kinerja dalam kegiatan sosialisasi masalah hukum ke masyarakat. Hal ini seiring dengan program Nawacita dari Presiden RI Jokowi dalam membantu pelayanan hukum di tubuh Kejaksaan.

"Kami selalu melakukan perubahan baik dari SDM dan pelayanan reformasi birokrasi. Sebenarnya hal ini sudah lama kami lakukan, hanya saja mulai dibukanya beberapa waktu yang lalu hingga saat ini hanya 2 atau 3 orang saja yang datang," ujar Rustiningsih.

Diakui Rustiningsi, pihaknya memiliki berbagai program dan fungsi pengawasan hukum seperti Tim Pengawalan, Pengamanan Pemerintahan dan Pembangunan Daerah (TP4D) dari bagian Intel, Jaksa Masuk Sekolah (JMS) dan Penyuluhan Hukum (LUHKUM) telah lama berjalan. Hanya saja, semua program ini diakui belum banyak dikenal oleh masyarakat secara luas.

"Di kantor ada pos pelayanan hukum. Dengan adanya kendaraan yang bisa mobile ke mana saja, maka itu akan sangat membantu kami dalam mensosialisasi program atau memberikan bantuan hukum secara gratis kepada masyarakat," tambah Rusdiningsih.

Untuk itu, diharapkan, warga dapat memanfaatkan 6 program pelayanan dari Kejari. Yakni pelayanan tilang, tipikor, TP4D, penyuluhan hukum, pendapat hukum. Kajari juga wajib memberikan pendampingan hukum dalam menelorkan produk hukum untuk penentuan anggaran pembangunan. (ria)

Kirim Komentar