15 Nov 2018 15:32

`Pecat` Deputi Penasehat Keamanan Gedung Putih

MyPassion
Melania Trump

MANADOPOSTONLINE.COM—Satu lagi staf Gedung Putih didepak. Dia adalah Mira Ricardel. Perempuan yang menjabat deputi penasihat keamanan senior itu konon sudah dipecat Presiden AS Donald Trump. Namun, alasan pemecatannya bukan Trump, melainkan sang istri, Melania.

Selasa (13/11) Melania mengagetkan publik karena merilis pernyataan resmi dari kantor ibu negara soal pemecatan Ricardel. ’’Kantor ibu negara sudah menganggap dia tak pantas bekerja di Gedung Putih,’’ ucap Stephanie Grisham, jubir Melania, kepada Reuters.

Sebelumnya, Gedung Putih mengumumkan pemecatan Ricardel tanpa menyebut-nyebut Melania. Setelah Grisham memublikasikan pernyataan Melania, Gedung Putih pun buka suara. Mantan petinggi Boeing itu, menurut USA Today, bertikai dengan Melania bulan lalu. Tepatnya saat Melania melawat ke Afrika. ’’Mereka bertengkar soal personel keamanan nasional,’’ ujar sumber Gedung Putih yang merahasiakan identitasnya.

Cekcok itu berlanjut sampai lawatan berakhir. Hubungan dua perempuan tersebut terus tegang. Melania tidak tahan. Apalagi, kabarnya, Ricardel menyebarkan gosip tentang Melania di Gedung Putih. Ibu satu anak itu pun lantas merekomendasikan pemecatan Ricardel. ’’Mungkin ibu negara punya alasan yang kuat untuk melakukan hal tersebut,’’ ujar Marc Short, mantan staf penghubung Trump, kepada CNN. Ricardel sudah dipersilakan angkat kaki dari Gedung Putih. Tapi, dia diberi waktu untuk menyelesaikan tugas-tugas yang masih menjadi tanggungannya.

Pertikaian ibu negara dengan staf Gedung Putih itu bukanlah yang pertama. Nancy Reagan, istri Presiden Ronald Reagan, juga pernah terlibat perseteruan dengan Kepala Staf Gedung Putih Don Regan. Bahkan, Michelle Obama dikabarkan sering cekcok dengan mantan jubir suaminya, Robert Gibbs. Namun, pertikaian-pertikaian itu tidak pernah berakhir dengan pemecatan seperti sekarang.

Sebenarnya, reputasi Ricardel sebagai orang keras kepala sudah terkenal. Dia sering bertikai dengan Menteri Pertahanan Jim Mattis dan Kepala Staf Gedung Putih John Kelly. Banyak yang menuduh Ricardel menyebarkan isu negatif tentang mereka kepada media. ’’Dia bisa berkorban demi teman. Tapi, sifatnya memang bukan favorit kebanyakan orang,’’ ujar seorang sumber.(jpg)

Kirim Komentar