15 Nov 2018 10:52

Mononimbar: Tak Lakukan Perekaman, Januari Data Diblokir

MyPassion
Warga Minsel sementara melakukan perekaman e-KTP. Mulai dari scan sidik jari hingga scan retina mata dilakukan di Disdukcapil Minsel. (Rangga Mangowal/MP)

MANADOPOSTONLINE.COM — Warning bagi masyarakat Minahasa Selatan (Minsel) yang belum melakukan perekaman e-KTP. Pasalnya, bagi warga yang belum melakukan perekaman per satu Januari 2019, semua data pribadi dan keluarga akan terblokir secara otomatis.

"Per 1 Januari memang jika tidak ada kemauan masyarakat untuk melakukan perekaman maka semua data akan diblokir. Baik data pribadi maupun keluarga. Akan jadi hambatan bagi warga yang datanya terblokir saat berurusan dengan bank atau BPJS," ujar Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Minsel Cornelles Mononimbar saat ditemui di kantor DPRD Minsel, Rabu (14/11).

Untuk itu Cornelles mengimbau semua warga yang belum melakukan perekaman untuk segera datang ke Disdukcapil. "Kami memberikan batas waktu hingga 31 desember tahun ini, apabila tidak melakukan perekaman nantinya akan kena blok, kalau sudah terblokir masyarakat yang ingin membuka blokirnya harus ke kantor Dukcapil untuk merekam dan melakukan prosedur pembukaan," tambahnya.

Diungkapkan Mononimbar, ada sekira 10 persen warga Minsel yang belum melakukan perekaman. "Ada sekira 10 persen warga Minsel yang belum melakukan perekaman. Itu sekira 1000 lebih warga Minsel. Peran Kecamatan, Kelurahan dan Desa sangat penting untuk hal ini agar masyarakat bisa mengetahui himbauan ini," tandasnya. (rgm/ria)

Kirim Komentar