15 Nov 2018 13:38
Polres Sita Puluhan Liter CT Langowan dan Remboken

Jual Miras, Dipenjara Tiga Bulan

MyPassion
Anggota Polsek Langowan saat melakukan operasi kepolisian yang ditingkatkan dengan sasaran Miras. Beberapa anggota mengamankan Miras di salah satu rumah warga di Desa Karumenga. (Dok Polres)

MANADOPOSTONLINE.COM — Perang terhadap peredaran minuman keras (miras) tanpa izin terus ditunjukkan Polres Minahasa. Kapolres Minahasa AKBP Denny Situmorang SIK menegaskan, pihaknya tidak akan pandang bulu menindak penjual miras. Yang kedapatan, akan ditindak sesuai hukum yang berlaku.

Para penjual miras tanpa izin katanya, dapat dijerat Pasal 32 Ayat (1) Perda Provinsi Sulut Nomor 4 Tahun 2014 tentang Pengendalian dan Pengawasan Minuman Beralkohol. “Ancaman hukumannya, penjara maksimal tiga bulan atau denda paling banyak Rp 50 juta,” ungkapnya.

Dia berjanji akan melakukan razia miras secara berkelanjutan. “Tujuannya untuk menekan angka kejahatan dan lakalantas (kecelakaan lalu lintas) yang diakibatkan oleh pengaruh miras,” jelasnya.

Mantan Kapolres Talaud itu kemudian menghimbau warga untuk  menjauhi miras. “Karena mengonsumsi miras hanya akan merugikan kesehatan bahkan dapat menyebabkan kematian,” tukas Situmorang.

Diketahui, Selasa (13/11) lalu, jajaran Polres Minahasa dipimpin Kasatres Narkoba AKP M Manginsihi, menggelar razia miras di warung-warung di wilayah Langowan dan Remboken. Dari hasil operasi petugas berhasil mengamankan total 20,4 liter miras jenis captikus (CT).

Kapolsek Langowan IPTU Fanny Tumanduk mengatakan, operasi atau razia penyakit masyarakat dilakukan pihaknya dengan sasaran miras. Tumanduk mengatakan operasi difokuskan di warung-warung yang diduga sering menjajakan minuman keras secara ilegal. “Dari operasi di Desa Karumenga jaga 3 Kecamatan Langowan Utara, di salah satu warung mlik SK, petugas berhasil mengamankan 25 botol CT. Kemudian di warung milik KT, kami mengamankan 42 botol CT," ungkap Tumanduk.

Dikatakanya lagi, barang bukti sudah diamankan untuk keperluan penyidikan. Menurut Tumanduk hal itu sebagai upaya cipta kondisi keamanan ketertiban masyarakat di Kecamatan Langowan Raya.

“Ini, juga dalam upaya menekan tindak kriminalitas, yang sering bermula dari mengkonsumsi miras. Kami juga akan menindaklanjuti pemeriksaan terhadap penjualnya, dalam hal tindak pidana ringan," tandasnya. (tr-03/tan)

Kirim Komentar