15 Nov 2018 13:33

116 ASN Terjaring Operasi Zebra di Minahasa

MyPassion
Ruddy Repi

MANADOPOSTONLINE.COM — Operasi Zebra Samrat yang dilakukan serentak di seluruh Indonesia resmi Senin (12/11) lalu. Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Minahasa berhasil menjaring 571 pelanggaran tilang dan teguran sebanyak 114. Dari hasil operasi juga, ada 116 Aparatur Sipil Negara (ASN) terjaring.

"Dari keseluruhan pelanggar, ada 116 ASN Minahasa yang mendapatkan surat tilang. Mereka ditilang karena tidak bisa menunjukan kelengkapan surat-suratnya," ungkap AKP Ruddy Repi, Kasatlantas Polres Minahasa Rabu (14/11).

Lanjutnya, dari TKP operasi, berbagai alasan dikatakan para ASN. Menurut Repi, ada yang beralasan lupa membawa surat kelengkapan sebab terburu-buru. "Kalimat atau alasan tersebut tidak menjadi alasan kami untuk menindak setiap pelanggar. Semua tetap kami tilang jika tidak bisa mengeluarkan surat kelengkapan berkendara," sebut Repi.

Lebih jauh dikatakannya, pelanggaran yang berhasil dijaring Satlantas Polres Minahasa, paling banyak dari kategori kelengkapan, yakni SIM dan STNK. Namun ada juga yang tidak menggunakan helm keselamatan untuk roda dua, dan jika pada roda empat tidak menghunakan seat belt.

"Dari data yang berhasil kami jaring, selain tidak mempunyai SIM dan STNK juga ada beberapa pelanggaran seperti pada roda dua tidak gunakan helm, memasang lampu dan klik helm dan kelengkapan lain yang jadi persayaratan. Sedangkan pada kendaraan roda empat, kami mendapatkan pengendara tidak menggunakan seat belt dan saat berkendara memakai handphone selularnya," jelas Repi sembari menambahkan, operasi ini dilakukan agar mengurangi angka kecelakaan lalu lintas serta menyadarkan masyarakat akan tertib berlalu lintas. (tr-03/tan)

Kirim Komentar