13 Nov 2018 13:26

Pemilih di Manado Bertambah 28.442

MyPassion
SAH: Penandatanganan berita acara DPTHP-2 yang dilakukan KPU Manado, kemarin.

MANADO—Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Manado mengadakan rapat pleno terbuka rekapitulasi dan penetapan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan Kedua (DPTHP-2) Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 Kota Manado, Senin (12/11), kemarin.

Rapat dimulai pukul 18.30 Wita, dipimpin lima komisioner KPU Manado dan diawasi Bawaslu Manado. Ketua KPU Sunday Rompas mengatakan, data ini valid sesuai hasil pencermatan bersama. "Kami optimis data ini bersih dan valid," tuturnya.

Sementara itu, Divisi Data Abdul Gafur Subaer mengatakan, DPTHP-2 Kota Manado di 1.385 TPS berjumlah 372.500. Dengan rincian pemilih laki-laki 183.879 dan perempuan 188.621."Dari DPTHP-1 ada selisih 28.442," bebernya.

Di sisi lain komisioner Bawaslu Manado Taufik Bilfaqih mengatakan sangat mengapresiasi dengan data tersebut. Namun masih ada beberapa catatan yang harus dikerjakan KPU dan jajarannnya. “Seperti catatan tertulis mengenai data rekomendasi Bawaslu yang sudah dicermati penyelenggara pemilu,” tukasnya.

Dia menambahkan, program GMHP KPU ikut diawasi Bawaslu dengan membuka posko pengaduan di tingkat kelurahan se-Kota Manado. “Kami berharap saran perbaikan Bawaslu kepada KPU memang ditindaklanjuti,’ tandasnya.

Lebih jauh dikatakan Ketua Bawaslu Manado Marwan Kawinda, bersama jajaran Panwascam dan Panwaslur pihaknya mengawasi pencermatan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPTHP) yang dilakukan Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). “Kami akan mengevaluasi sejauh mana follow up dari rekomendasi kami," ujar Kawinda.(ctr-04/gel)

Kirim Komentar