11 Nov 2018 14:19

Celebes dan Rajawali Pertahankan Gelar, Sualang: Terima Kasih, Semoga Tahun Depan Makin Kompetitif

MyPassion
Tim Rajawali sukses menyabet jawara Walikota Cup 2018. (Istimewa)

MANADOPOSTONLINE.COM - Piala bergilir Kejuaraan Bola Basket Antarklub se Kota Manado yang memperebutkan Piala Walikota Manado 2018 tak berpindah tangan.

Sang juara bertahan sukses mempertahankan gelar tertinggi klub di Kota Manado tersebut pada laga final yang berlangsung Sabtu (10/11).

Celebes yang diperkuat dua pemain PON 2016, Rey Mintia dan Claudio Sepang berhasil mengatasi klub sarat pengalaman yang absen pada ajang ini tahun lalu, Harlex Manado dengan skor 56-42.

Padahal di kuarter pertama Harlex tampil dominan dan hanya tertinggal tipis 5-6. Tapi kemudian Celebes tancap gas di kuarter kedua dengan mencetak 22 poin sedangkan Harlex hanya 14 poin. Keunggulan Celebes yang bulan lalu menjuarai Kejurda Tomohon terus berlanjut hingga akhir laga.

"Sangat puas dengan hasil ini, gelar champion kembali kita raih," ungkap Herry Tri Bongkeng Tumuwo.

Berbeda dengan final putra, final putri berjalan sangat menarik dan seru antara Tombulu dan Rajawali. Rajawali yang diperkuat pemain DBL All Star Leandra Pelealu leading tipis di kuarter awal. Namun, diparuh pertama Tombulu yang didominasi pemain SMA Lokon Tomohon berhasil mengejar dan mengunci kuarter kedua dengan skor sama kuat 13-13.

Aksi duet forward andalan Tombulu Cleiry dan Veillia menjadi keran poin bagi Tombulu yang menutup kuarter ketiga dengan skor 22-18. 

Namun, racikan head coach putri Sulut di PON 2016 Michael Pangkey dikuarter terakhir berhasil mengejar ketertinggalan Rajawali walaupun pertandingan harus berlanjut ke babak over time setelah skor sama 24-24.

Peluang lima menit tak disia-siakan Leandra untuk kembali membawa timnya meraih gelar juara untuk kedua kalinya dengan menjadi pemasuk angka terbanyak dan menutuo laga dengan skor 31-28.

"Perlu diakui tim lawan juga tampil bagus tadi. Tapi kami bisa mengatasi dengan ketenangan. Beberapa kali poin-poin penting berhasil dimaksimalkan. Kemenangan ini mengantarkan kami berhasil meraih gelar kedua kali gelar," pungkas Pangkey pelatih Rajawali.

Ketua Umum Pengkot Perbasi Manado dr Richard Sualang yang ikut hadir sejak laga awal serta menutup Piala Walikota Manado 2018, mengucapkan terima kasih banyak kepada semua pihak yang ikut menyukseskan pelaksanaan Piala Walikota Manado 2018.

"Terima Kasih kepada Pemkot Manado yang telah mendukung total kegiatan ini. Begitupun para peserta dan sponsor lainnya yang ikut meramaikan perhelatan ini," tutur Sualang.

Sualang yang juga Wakil Ketua DPRD Kota Manado berharap kompetisi ini bisa berlangsung terus sehingga kompetisi dan pembinaan basket di Manado bisa berjalan baik. "Semoga kompetisi ini akan makin kompetitif di tahun-tahun selanjutnya," harapnya.

Harapan yang sama juga disampaikan Walikota Manado melalui Kepala Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Manado, Naomi Ruru. "Semoga ajang ini jadi motivasi at?et untuk meningkatkan mutu dan prestasi yang lebih baik lagi ke depan," pesannya. 

Turut hadir dalam penutupan Piala Walikota Manado 2018 kandidat kuat Sekum KONI Manado Richard Kudiman, Steven Tangkuman Wakil Ketua II Pen?prov Perbasi Sulut, Sesepuh Basket Sulut Teddy Wongkaren, serta sejumlah pegiat basket di Sulut. (*)

Kirim Komentar