09 Nov 2018 13:04

Pemkab Minahasa Optimalkan Penyebaran Informasi Dandes

MyPassion
Ilustrasi

MANADOPOSTONLINE.COM — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) terus meningkatkan penyebaran informasi terkait dana desa (dandes) melalui desiminasi. Seperti yang dilakukan Dinas PMD kemarin yang menggelar desiminasi dandes.

Dihadiri, Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Jeffry Robby Korengkeng mewakili Bupati Royke Roring, dijelaskan, diseminasi merupakan kegiatan strategis yang diselenggarakan oleh Kementerian Keuangan Repoblik Indonesia (Kemenkeu-RI), melalui Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan, dalam rangka pemanfaatan secara optimal dandes. “Kegiatan ini dalam rangka pengoptimalisasian dandes. Penggunaan pada dasarnya harus memakai prinsip padat karya tunai atau cash for work, dimana dalam pemberdayaannya harus menyerap banyak tenaga kerja. Pekerja harus diberi upah tunai harian ataupun paling lama mingguan,” kata Korengkeng.

Lanjut dia, tujuan dari penggunaan dandes ini harus difokuskan pada pengurangan kemiskinan dan menaikan status desa. Sementara untuk pengelolaannnya menggunakan empat inovasi yakni, cara membagi, cara menggunakan, cara melaksanakan dan cara penyaluran Dandes. “Kementerian Desa PDTT-RI meluncurkan program inovasi desa, yang secara umum bertujuan untuk mengoreksi pelaksanaan pembangunan, pengelolaan yang belum optimal, serta mendorong produktivitas dan pertumbuhan ekonomi perdesaan,” ujarnya.

Lanjut dikatakan, kegiatan secara khusus bertujuan untuk meningkatkan efektivitas penggunaan dana di desa melalui proses pengolahan pengetahuan secara sistematis, terencana dan partisipatif.

Sementara, kegiatan yang digelar oleh Kementerian Keuangan RI melalui Dinas PMD ini dihadiri Kepala Pusat Diklat Kekayaan Negara dan Perimbangan Keuangan Kemenkeu RI Samsu Sabani, Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan Widyaswara Utama Boediarso Teguh Widodo, Direktorat Jendral Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan Aan Prianto, BPKK Widyaswara Utama Lalu Hendrik Yujana, Kepala Dinas PMD Djefri Sajow, para camat, hukum tua dan bendahara desa se-Kabupaten Minahasa. (tr-03/fgn)

Kirim Komentar