09 Nov 2018 10:42

Nelayan di Tumbak Terima Asuransi 200 Juta

MyPassion
Pemkab Mitra diwakili Kepala DKP Vecky Monigir menyerahkan bantuan asuransi nelayan Tumbak, Kamis (8/11), di TPI Belang. (Dok Humas)

MANADOPOSTONLINE.COM — Pemerintah Kabupaten Mitra menyerahkan santunan asuransi nelayan kepada ahli waris (istri dan anak) nelayan asal Desa Tumbak senilai Rp 200 Juta.

Penyerahan santunan ini diberikan langsung Bupati Minahasa Tenggara melalui Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Vecky Monigir, bersama perwakilan PT Asuransi Jasindo Cabang Manado, dan didampingi Hukum tua Desa Tumbak, Kamis (8/11).

"Asuransi ini diberikan untuk melindungi nelayan sebagaimana undang-undang yang berlaku, di mana para nelayan yang merupakan elemen penunjang perekonomian daerah dari sektor perikanan, memiliki risiko terkait keselamatan saat melaut," ujar Monigir.

Nelayan yang menjadi korban saat melaut pada Agustus lalu tersebut diketahui bernama Jamalun Mamonto yang sebelumnya sudah terdata pada keanggotaan kartu nelayan dan ikut serta pada program asuransi nelayan. "Memang yang bersangkutan sudah terdaftar dalam asuransi nelayan. Sehingga ini sudah menjadi hak dan diberikan ke ahli warisnya," katanya.

Bersamaan dengan penyerahan santunan klaim asuransi nelayan tersebut, pihak Jasindo juga menyosialisasikan program asuransi nelayan mandiri kepada para nelayan yang hadir. "Selaku pemerintah tentunya berharap semoga santunan asuransi yang kita berikan ini dapat bermanfaat bagi keluarga nelayan yang mengalami musibah. Serta berharap kedepannya semakin banyak nelayan yang mau ikut serta dalam program perlindungan nelayan ini. Apalagi untuk tahun 2018 ini sudah ada tiga keluarga nelayan di Mitra yang menjadi korban saat melaut dan ketiganya sudah menerima santunan," pungkas Monigir. (cw-01/tan)

Kirim Komentar