09 Nov 2018 10:30

DPT HP1 di Mitra Sudah 90 Persen

MyPassion
Ilustrasi (Dok.Manado Post Online)

MANADOPOSTONLINE.COM — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mitra akan menggelar sinkronisasi Data Pemilih Tetap (DPT) Hasil Perbaikan Satu (DPT-HP1). Pelaksanaan sikronisasi data bakal menghadirkan partai peserta pemilu dan Bawaslu.

"Saat ini data DPT HP1 sudah 90 persen, esok (hari ini, red) kita akan menyamakan data dengan menghadirkan pihak Partai Pemilu dan Bawaslu," ujarnya, Komisioner Divisi Perencanaan dan Data Irfan Rabuka, Kamis (8/10).

Menurut Rabuka, beberapa hal yang perlu disinkronkan dalam data pemilih, antara lain data ganda yang masih ditemukan dalam data pemilih tetap. Selain itu, ada juga nama pemilih yang belum terdaftar dalam DPT, namun ternyata ada di DPT HP1. "Memang ada beberapa hal yang ditemukan dalam DPT. Salah satunya data ganda," ujarnya

Untuk itu, dia mengharapkan, sinkronisasi dapat berjalan lancar sehingga KPU Mitra dapat menghadirkan data pemilih tetap yang jauh lebih mutahir sebagai implementasi dari gerakan melindungi hak pilih masyarakat.

"Tentu kita berharap semua masyarakat yang mempunyai hak pilih dapat terakomodir sehingga dapat menggunakan hak suaranya pada pemilu nanti. Dengan begitu tingkat partisipatif masyarakat dalam pemilu 2019 nanti lebih meningkat," tandasnya. (cw-01/tan)

Kirim Komentar