09 Nov 2018 17:50

Bawaslu Manado Temukan 124 Branding Kendaraan Bergambar Caleg

MyPassion
Ketua Bawaslu Kota Manado Marwan Kawinda. (Dok.Manado Post)

MANADOPOSTONLINE.COM - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Manado menemukan 124 branding kendaraan kategori oneway, sticker yang digunakan para Calon Legislatif (Caleg) untuk kampanye di Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 nanti.

Ketua Bawaslu Marwan Kawinda mengatakan dari data laporan jajaran bawaslu menemukan 82,6 persen tertempel di angkutan umum. Sisanya ada di kendaraan pribadi.

"Sementara itu, kategori oneway yang ditemukan terbagi sebagai berikut. Pertama logo parpol nomor urut dan wajah calon 45,2 persen, logo parpol dan nomor urutnya serta wajah caleg, 44,4 persen, wajah calon dengan nomor urutnya 4 persen, yang hanya wajah caleg 4 persen," ucap Kawinda saat ditemui di kantornya Jumat (9/11).

Sedangkan untuk kategori kontestan pemilu, caleg Kota Manado sebesar 64,8 persen. Caleg provinsi 34,4 persen. Sisanya caleg DPR RI.

"Jumlah ini terus bertambah. Petugas kami terus melakukan inventarisasi data oneway. Kami akan memilih mana yang kategori pelanggaran dan bukan," ujarnya

Timnya pun telah melakukan himbauan kepada parpol dan kontestan pemilu yang ada agar dapat memahami aturan branding kendaraan.

"Setelah rampung kami akan merekomendasikan kepada lembaga terkait, baik Dinas Perhubungan dan Aparat yang berwenang untuk melakukan pencopotan Oneway bermasalah. Terhadap Parpol, Kami terus berkoordinasi. Kita mesti bekerja sama untuk menegakkan keadilan pemilu ini. Silahkan berkampanye, namun pastikan bermartabat. Tidak menyalahi aturan," tegasnya. (opan)

Kirim Komentar