09 Nov 2018 13:02

2019, Rumah Produksi Tahu Tempe di Kotamobagu Beroperasi

MyPassion
Sentra rumah produksi tahu tempe di Kelurahan Molinow Kecamatan Kotamobagu Barat, dipastikan beroperasi mulai tahun depan. (Claudia Rondonuwu/MP)

MANADOPOSTONLINE.COM — Industri tahu tempe di Kotamobagu memiliki potensi besar untuk meningkatkan ekonomi kerakyatan. Untuk mendorong itu, pemerintah daerah melalui Dinas Perindustrian dan Tenaga kerja (Distrinaker), sedang membangun sentra rumah produksi tahu tempe di Kelurahan Molinow, Kecamatan Kotamobagu Barat.

Plt Kepala Distrinaker Teddy Makalalag mengatakan, pengerjaan rumah produksi tersebut sudah rampung 100 persen, tinggal pengadaan alat di 2019 mendatang. “Penyerahan dari pihak kontraktor telah dilakukan pekan lalu, tahun depan tinggal peralatan mesin pengolahan disiapkan,” ungkap Teddy, Kamis (8/11).

Menurutnya, Kelurahan Molinow dan Mongondow sejak dulu menjadi pusat produksi olahan kedele menjadi tahu dan tempe. Semua produksi tahu di Kotamobagu dan kabupaten tetangga berasal dari sini. “Ada sekitar 10 kelompok yang bergabung dalam sentra produksi tahu. Mereka terdiri atas kelompok pembuat tahu yang berasal dari Molinow dan Mongondow,” ujarnya

Teddy menjelaskan, pembuatan rumah produksi tahu tempe tersebut untuk meningkatkan ekonomi masyarakat, khususnya para pelaku industri tersebut. “Limbah tahu pernah juga dipermasalahkan karena baunya yang cukup menyengat. Dengan dibangunnya sentra rumah produksi tahu ini, kami harap dapat mengurangi dampak limbah. Penanganan limbah menjadi salah satu perhatian pemerintah dan peningkatan ekonomi para pelaku industri itu,” jelasnya.

Terpisah Kepala Bidang Perindustrian Fadlun Paputungan menambahkan, pembangunan sentra rumah produksi merupakan revitalisasi pelaku usaha, yang sudah ada kemudian dipindahkan. Ia menyebutkan pembangunan rumah produksi memakan anggaran Rp 1 miliar. “Adanya gedung untuk pelaku-pelaku usaha tahu tempe ini, diharapkan bisa meningkatkan produksi sehingga dapat mendorong sektor ekonomi Kotamobagu,” pungkasnya. (tr-06/gnr)

Kirim Komentar