08 Nov 2018 09:43
Masih Banyak Dijual di Warung

Pengawasan Miras di Manado Lemah

MyPassion
Ilustrasi

MANADOPOSTONLINE.COM — Pengawasan peredaran minuman keras (miras) di Manado masih lemah. Karena masih banyak miras dijual bebas di warung dan toko.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Jimmy Rotinsulu, melalui  Kepala Bidang Promosi, Kerja Sama Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Ekonomi dan Sosial Fyfiannie Ismayanty mengatakan, minuman beralkohol atau miras golongan A dengan kadar alkohol 0-5 persen hanya bisa dijual di supermarket dan hypermart. “Sedangkan warung dan toko tidak diperboleh diperjualbelikan minuman beralkohol,” katanya.

Lanjutnya, sedangkan minuman golongan B dengan kadar alkohol 5-15 persen dan golongan C dengan kadar alkohol 15 persen ke atas hanya bisa dijual di bar, pub, karaoke, hotel, restoran, tempat diskotik.

“Tapi kenyataanya didapati masih ada saja warung dan toko menjual minuman beralkohol hingga golongan C. Ini sudah tugas pengawasan untuk menindak,” katanya.

Menurut dia, penjual miras di supermarket, hypermart, hotel, restoran dan tempat hiburan juga harus memiliki izin dari DPM dan PTSP. Karena tidak sembarangan menjual minuman beralkohol.

“Sampai sekarang izin minuman keras yang masuk di PTSP hampir 100 izin,” katanya.

Sementara itu, Anggota Komisi A Roy Maramis meminta, instansi teknis yang mengawasi peredaran miras harus tegas.

“Kalau aturan tidak memperbolehkan warung, kios dan toko menjual minuman beralkohol harus tindak,” katanya.

Menurut dia, penjual miras di warung, kios dan toko menjadi sumber kriminal. Karena masyarakat bisa dengan bebas mendapatkan minuman beralkohol.

“Tapi kalau minuman beralkohol dijual dan konsumsi di tempatnya itu akan muda diawasi,” ujarnya. 

Terpisah, Kapolres Manado Kombes Pol FX Surya Kumara mengatakan, pihaknya akan melakukan operasi penyakit masyarakat untuk menjaring penjualan miras tanpa izin. “Kami masih menunggu petunjuk dari mabes terkait operasi pekat ini. Yang pasti kami akan menindak jika ditemukan ada warung, kios dan toko menjual miras,” pungkasnya. (*/can)

Kirim Komentar