08 Nov 2018 11:30

Pemkab Sitaro Kebut Penerapan E-Office

MyPassion
Pj Sekkab Sitaro Drs Herry Bogar MM saat membuka sosialisasi SPBE, kemarin. (Dok Humas)

MANADOPOSTONLINE.COM — Peningkatan layanan administrasi pemerintahan secara elektronik dengan menggunakan aplikasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), menjadi salah satu fokus Pemerintah Kabupaten Sitaro.

Seperti terpantau, Rabu (7/11), Pemkab melaksanakan sosialisasi implementasi sistem administrasi perkantoran elektronik (E-Office) yang bertempat di Auditorium Kantor Kabupaten. Kegiatan tersebut, dibuka langsung Sekkab Sitaro Drs Herry Bogar MM.

Dalam arahannya Bogar memberikan apresiasi kepada Dinas Komunikasi dan Informatika, yang telah melaksanakan agenda strategis tersebut. "Karena seiring dengan berkembangnya teknologi informasi, kita dituntut berpacu mengimbangi kemajuan tersebut. Termasuk dalam aspek pemanfaatan, salah satunya penerapan manajemen surat menyurat secara elektronik," bebernya.

Apalagi lanjutnya, penerapan ini telah dilakukan antar instansi khususnya dari pusat ke daerah. "Sehingga sosialisasi ini sangat penting, sebagai wujud menyamakan persepsi terkait penggunaan surat elektronik yang selama ini simpang siur,” sebutnya. Dia menambahkan, kegiatan ini harus menambah wawasan peserta tentang sistem persuratan elektronik, serta sarana mencari solusi terkait penggunaan aplikasi SPBE.

"Tentunya salah satu upayanya adalah kita wajib mencarikan operator yang dapat menjalankan hal ini. Agar tidak ada kendala saat penerapan nanti. Sebab kita wajib menerapkan SPBE ini, sesuai amanat Perpres No 95 tahun 2018, terkait sistem pemerintahan berbasis elektronik,” sebutnya.

Pemanfaatan SPBE, menurut Bogar, akan mempercepat penyampaian informasi dan layanan serta meningkatkan kerahasiaan informasi, juga mengakomodasi tingginya mobilisasi pegawai. “Di sisi lain ini merupakan sarana dalam memonitoring serta meningkatkan efektifitas dan efisiensi penggunaan sumberdaya," pungkasnya. (drp/gel)

Kirim Komentar