08 Nov 2018 12:47

Kemenpar Dorong Pengembangan Desa Wisata di Minahasa

MyPassion
Agustifo Tumundo

MANADOPOSTONLINE.COM — Melimpahnya objek wisata di Minahasa diakui Kementerian Pariwisata (Kemenpar) RI. Bahkan, Kemenpar mendorong adanya desa wisata yang khusus dikembangkan dengan berbagai fasilitas pendukung.  Asisten Deputi Bidang Pengembangan Infrastruktur dan Ekosistem Pariwisata Kemenpar RI Dadang Riski Rahman mengatakan, dengan desa wisata adalah desa yang paling sering dikunjungi turis ketika mendatangi Minahasa. “Jika hal itu terjadi maka akan menguntungkan desa tersebut dari berbagai sektor. Di antaranya perekonomian masyarakat bakal berkembang karena tentu akan banyak usaha baru yang hadir,” kata Dadang di sela FGD pengembangan destinasi wisata Minahasa yang diinisiasi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata.

Dia membeber, desa wisata bisa menghasilkan pendapatan hingga miliaran. “Cara pengembangan desa wisata adalah membangun dan menyiapkan beberapa hal penunjang seperti home stay, rumah dan pondok wisata serta memperhatikan kebersihan,” pungkas Dadang.

Di sisi lain, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Minahasa Agustifo Tumundo mengatakan, di Minahasa memang ada beberapa desa yang sering dikunjungi turis. “Sehingga tinggal dari setiap desa bagaimana berinovasi dalam mengembangkan potensinya masing-masing. Kami tentu mendukung setiap perkembangan yang dilakukan untuk menunjang pariwisata,” singkat Tumundo. (tr-03/fgn)

Kirim Komentar