08 Nov 2018 11:57

Jangan Pakai Bus di Luar Terminal

MyPassion
Lynda Watania

MANADO—Dinas Perhubungan (Dishub) Sulut meminta masyarakat menggunakan transportasi darat Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) atau transportasi Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) yang berada di dalam terminal. Sebaliknya, hindari menggunakan bus yang tidak berada dalam kawasan terminal.

“Karena bus tersebut tidak dijamin keamanan dan kelayakan jalan. Kalau bus dalam terminal, itu kita jamin keamananya. Semua bus yang masuk terminal ini tetap kita lakukan ramph cek. Kalau layak, kita bisa izinkan beroperasi, kalau ada yang tidak layak maka kita tahan," ujarnya, Rabu (7/11).

Menurutnya, dalam waktu dekat, pihaknya juga akan melakukan pengujian terhadap semua kelayakan kendaraan transportasi di Sulut. Ini sebutnya, menggunakan aturan yang baru sesuai instruksi kementerian untuk mengukur layak atau tidak kendaraan beroperasi.

"Jadi memang ada peraturan baru untuk menjamin keselamatan pengguna jasa transportasi darat. Dan aturan tersebut, yang nantinya akan kita jadikan patokan dalam menilai kelayakan transportasi darat. Namun untuk sekarang, kita belum mendapatkan surat resmi terkait aturan baru tersebut. Kalau sudah sampai, yang pasti akan kita sosialisasi dan terapkan di daerah," tuturnya. (tr-02/can )

Kirim Komentar