08 Nov 2018 11:49

Informasi Pemerintahan Tak Boleh Tertutup

MyPassion
Sosialisasi undang-undang Nomor 14/2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, Rabu (7/11), di aula rumah dinas wali kota Kotamobagu. (Claudia Rondonuwu/MP)

MANADOPOSTONLINE.COM — Sekretaris Kota Kotamobagu Adnan Massinae menegaskan, penyebaran informasi kepada masyarakat terkait kegiatan pemerintahan sudah cukup transparan dilakukan.

“Kotamobagu sampai saat ini sudah cukup transparan terkait kegiatan pemerintahan. Itu telah dibuktikan dengan adanya Perda Nomor 3 tahun 2017 tentang Keterbukaan Informasi Publik atau KIP,” kata Adnan, saat membuka sosialisasi Undang-Undang KIP di rumah dinas wali kota, Rabu (7/11).

Menurutnya, di era sekarang keterbukaan informasi sangat penting. “Masyarakat sudah punya hak untuk mengetahui seluruh proses kegiatan yang dilakukan pemerintah. Dengan begitu, itu menjadi benteng bagi kita untuk tidak berbuat hal-hal yang melanggar aturan,” terangnya.

Dijelaskannya, UU Nomor 14/2008 tentang KIP sudah berlaku di Kotamobagu sejak 2014. Di mana yang mengelola semua informasi di adalah Bagian Hubungan Masyarakat (Humas). “Jadi semua kegiatan pemerintahan baik dari tingkat desa, kelurahan akan terkoneksi dengan bagian humas. Yang disajikan dalam bentuk informasi. Nah, di situ ada radio juga seperti yang menginformasikan secara langsung ke masyarakat apa saja kegiatan dari pemerintah,” jelas Adnan.

Kepala Diskominfo Kotamobagu Ahmad Yani Umar menambahkan, tujuannya sosialisasi ini untuk meningkatkan jumlah permohonan informasi publik di kabupaten/kota, serta dan makin meningkatkan jumlah permohonan penyelesaian sengketa informasi di Komisi Informasi Provinsi Sulut. “Atas dasar ini juga pemerintah Kotamobagu telah mengeluarkan Peraturan Daerah Nomor 3 tahun 2017 tentang KIP, sebagai keterbukaan informasi seluruh kegiatan pemerintah kepada masyarakat,” pungkas Yani. (tr-06/gnr)

Kirim Komentar