08 Nov 2018 12:05

Dandes untuk Kembangkan Potensi Desa

MyPassion
Roy Mewoh

MANADO—Pemerintahan Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut) melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) meminta agar pemanfaatan dana desa (dandes) harus tepat sasaran. Salah satu pemanfaatan dandes adalah pengembangan potensi desa.

 

"Kalau daerah pertanian, maka silahkan kembangkan berbagai macam hasil pertanian. Itu bisa mengambil modal dari dandes. Yang penting, potensi desa itu dapat diolah. Jika sudah mampu diolah dan dikembangkan secara masal, maka bantuan lain akan kita arahkan ke sana," ujar Kepala Dinas PMD Sulut Roy Mewoh, Rabu (7/11).

Menurutnya, pengembangan potensi desa juga bisa diimplementasikan melalui pasar desa. “Jika daerah kesulitan mencari potensi apa yang bisa dikembangkan, pasar desa bisa menjadi solusi. Pengembangan tersebut bertujuan menciptakan lapangan pekerjaan serta peningkatan kesejahteraan masyarakat di desa,” jelasnya.

Lanjutnya, pasar desa juga diharapkan dapat memutar perekonomian masyarakat. “Jadi saya harap, pengelola dandes ini sebisa mungkin harus berinovasi," imbuhnya. (tr-02/can)

Kirim Komentar