08 Nov 2018 11:22
Fokus pada Pemberdayaan Ekonomi

2019, Dandes di Sitaro Naik 7,8 Miliar

MyPassion
Ilustrasi

MANADOPOSTONLINE.COM — Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sitaro menunjukkan keseriusan dalam memberdayakan masyarakat desa. Pasalnya tahun 2019, dana desa (Dandes) di Bumi Karamando, mengalami kenaikan sekira Rp 7,8 miliar.

Hal tersebut diungkapkan Plt Kadis PDMD Marlon Dalentang. Ia membeberkan kenaikan dandes bagi 83 desa ini cukup signifikan. "Tahun ini dandes berkisar di 59 miliar. Tahun depan menjadi 68 miliar," ujarnya.

Dalentang mengatakan, kenaikan dandes tersebut merupakan hal yang sangat positif bagi semua kampung bahkan daerah. "Memang outline peruntukan dandes 2019 tak mengalami perubahan signifikan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Hanya saja, lantaran telah banyak pelaksanaan pembangunan infrastruktur di desa yang selesai, maka tahun depan dandes cukup banyak dialokasikan untuk pemberdayaan ekonomi," terangnya.

Meski kecenderungan penggunaan dandes 2019 pada pemberdayaan ekonomi, kata Dalentang, penggunaan serta pemanfaatan masing-masing kampung tetap harus ditentukan melalui musyawarah desa juga sesuai APBDes. “Namun tetap lebih diutamakan untuk pemberdayaan ekonomi," tambahnya.

Dia menambahkan, dengan adanya. peningkatan alokasi anggaran dandes tersebut, sudah pasti lebih ditingkatkan fungsi pengawasan dalam pengalokasian. “Karena sangat berperan penting agar penggunaan Dandes ini tepat sasaran dalam pemanfaatan. Makanya kami terus mengingatkan semua kapitalau dalam pemanfaatan dandes harus sesuai aturan dan ketentuan," kuncinya.

Di sisi lain, Wakil Bupati John Palandung mengingatkan pemerintah desa untuk memaksimalkan dandes bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat. “Penggunaannya pun harus diawasi ketat. Jangan sampai membawa pemerintah desa ke ranah hukum,” tukasnya. (drp/gel)

Kirim Komentar