07 Nov 2018 12:08

Watrix Ujicobakan Kamera Pendeteksi Gerak

MyPassion
ALAT PENGAMAN BARU: Kamera pendeteksi gerak untuk memburu penjahat dan mencari orang hilang. (ABC News)

BEIJING—Gerak-gerik manusia satu dengan yang lain tidak sama. Unik. Watrix menangkap peluang itu untuk menciptakan alat pengaman terbaru. Kamera pendeteksi gerak. Kini kamera canggih dengan teknologi gait recognition tersebut diujicobakan Kepolisian Beijing dan Kepolisian Shanghai.

’’Banyak yang tidak sadar bahwa manusia bisa dikenali lewat gerak-geriknya. Pura-pura pincang atau membungkukkan badan tidak akan membuat kamera itu terkecoh,’’ ungkap CEO Watrix Huang Yongzhen sebagaimana dilansir Jawa Pos dari ABC News, kemarin (6/11).

Karena yang diutamakan adalah gerak-gerik, kamera tersebut tidak fokus pada wajah objek yang diamati. Maka, meskipun objek membelakanginya, kamera tetap bisa mendeteksinya lewat cara berjalan atau lambaian tangannya yang khas. Selanjutnya, kamera yang terintegrasi dengan sistem keamanan setempat akan memberitahukan hasil temuannya ke kepolisian terdekat.

Selain untuk memburu penjahat, kamera pendeteksi gerak itu bisa dimanfaatkan untuk mencari orang hilang. Kepada Associated Press, Huang menegaskan bahwa kamera Watrix bisa mendeteksi gerak-gerik objek sampai jarak 50 meter.

Sebenarnya, teknologi pengenal gerak tubuh bukan barang baru. Ilmuwan di Jepang, Inggris, dan AS sudah mempelajari teknologi tersebut sejak satu dekade lalu. Namun, belum ada yang menerapkannya sebagai sistem pengaman.

’’Biometrik untuk analisis gerak jauh lebih rumit. Sebab, kita tidak hanya memeriksa satu, tapi rentetan gambar,’’ ujar Mark Nixon, pakar gait recognition dari University of Southampton Inggris.

Namun, beberapa pihak khawatir kamera pendeteksi gerak itu akan digunakan dengan sewenang-wenang. Bisa jadi, nanti, pemerintah Tiongkok menggunakan kamera tersebut untuk melacak aktivis anti pemerintah. ’’Itu namanya bukan pengamanan lagi. Tapi, pengendalian,’’ ujar Frances Eve dari Chinese Human Rights Defenders.(jpg)

Berita Terkait
Kirim Komentar