07 Nov 2018 08:37

Kisruh Pilpres Tenggelamkan Kehadiran Mariah Carey, Kenny G, GNR

MyPassion
MEMUKAU: Penampilan Mariah Carey di Taman Lumbini kompleks Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Selasa (6/11). (Dok. Rajawali Indonesia Communication)

JAKARTA—Hadirnya artis-artis papan atas dunia di Indonesia, seakan tenggelam dengan kisruh pemilihan presiden. Padahal yang datang bukan artis sembarangan. Tadi malam saja ada dua konser dari diva Mariah Carey, serta Kenny G. Sementara tanggal 8 esok ada konser Guns n Roses (GNR).

Penampilan Mariah Carey dengan 18 lagu hits-nya tadi malam, berhasil menghibur para fansnya di Taman Lumbini kompleks Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Selasa (6/11) malam. Dalam konser tunggal Borobudur Symphony 2018 dan berlatar belakang Candi Borobudur, diva pop dunia itu terlihat sangat menikmati penampilannya.

Konser yang dimulai pukul 20.00 WIB lebih itu, Mariah Carey membawakan Fly Away sebagai lagu pertama. "Hello Indonesia, I like it," katanya, menyapa ribuan penonton yang sejak sore sudah memadati objek wisata cagar budaya tersebut.

Sebanyak 18 lagu yang ia bawakan, yakni Fly away, Honey, Shake it Off, Make It Happen, Fantasy, Always Be My Baby. Kemudian Love Takes Time, Emotions, Beautiful, The Distance, One Sweet Day, I Don't Want To Cry, My All. Lalu, It's Like That, Don't Forget About Us, Love Hangover, We Belong Together, dan ditutup dengan Hero. "This is beautiful location," katanya, sebelum membawakan lagu Don't Forget About Us.

Selain mengajak para penggemarnya bernyanyi, penyanyi berusia 48 tahun itu dalam performance-nya juga sesekali mengucapkan kalimat terima kasih dengan bahasa Indonesia. Bersama 51 orang tim dari bandnya itu selama hampir 1,5 jam, Mariah Carey tampil dengan mempesona dengan para dancer yang energik.

CEO Rajawali Indonesia Communication, Anas Syahrul Alimi sebagai event consultant menambahkan, selama berkarier musik, diva pop dunia itu telah memperoleh banyak penghargaan. Seperti 5 Grammy Awards, 21 World Music Awards. Kemudian, 21 American Music Awards, dan 32 Billboard Music Awards. "Panggung dengan ukuran 18x20 yang pasti memberi kejutan bagi para penonton dengan view landscape. Penonton tetap bisa melihat secara utuh Candi Borobudur," ucapnya.

Candi Borobudur tempat diselenggarakannya konser ini merupakan bangunan bersejarah yang ditetapkan sebagai situs warisan dunia UNESCO. "Candi Borobudur tidak hanya milik masyarakat Indonesia, tapi juga milik dunia. Maka dari itu, Candi Borobudur selalu terbuka untuk siapapun," kata Edy Setijono, Direktur PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko.

Kemudian ada konser Kenneth Gorelick, atau yang lebih dikenal dengan Kenny G, merupakan salah satu pemain saksofon yang sukses di dunia musik. Mengawali karier saat usianya masih 17 tahun, Kenny diketahui sering menggelar beberapa konser di seluruh dunia, tak terkecuali di Indonesia.

Pertama kali mengunjungi Indonesia di tahun 80-an, dan terakhir bermain dalam acara Prambanan Jazz International Music Festival pada 2015 lalu. Selasa 6 tadi malam, Kenny G kembali mengunjungi Indonesia untuk mengadakan konser yang bertajuk 'One Night Only Kenny G', yang diselenggarakan di The Kasablanka, Mall Casablanka, Jakarta Selatan.

Penonton pun sudah terlihat memadati Hall Kasablanka pada pukul 19.15 WIB. Dibuka oleh musisi Ardhito Pramono, Konser Kenny G rupanya akan tetap menampilkan lagu-lagu instrumental andalannya seperti yang ia katakan pada konferensi pers sebelumnya, seperti Songbird, Havana, The Moment, hingga My Heart Will Go On.

Salah satu karyanya yang paling terkenal hingga saat ini adalah lagu The Moment. Di mana bagi pria kelahiran Seattle itu, lagu tersebut memiliki makna dan arti tersendiri yang harus ia sampaikan pada pendengarnya. Menurutnya, The Moment merupakan pesan mengenai situasi yang saat ini harus dijalani, tak boleh berlama-lama pada masa lalu dan harus memikirkan masa depan.

"Tidak ada inspirasi spesifik untuk lagu The Moment, seperti anda tahu, setiap orang harus hidup di kehidupan sekarang, anda tidak harus hidup di masa lalu," ujarnya pada konferensi pers sebelumnya.

Acara yang dimulai pada pukul 20.20 WIB ini terus menuai tepuk tangan penonton yang berada dalam Hall Kasablanka. Kenny G pun terlihat membawakan lagu  Home dengan durasi singkat pada awal penampilannya.

Band rock asal AS, Guns N’ Roses (GNR) pun siap mengguncang Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, besok malam (8/11). Konser kali ini bertajuk Not in This Lifetime Tour. Kemarin siang para personel band yang terbentuk pada 1985 itu tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng.

Panggung konser pun telah siap sekitar 80 persen. Kemarin sore (6/11) panggung sudah berdiri megah di bagian tengah SUGBK. Kondisi stadion pun sudah disiapkan untuk ribuan penonton. Bagian rumput sudah ditutup agar tidak rusak karena terinjak-injak.

Not in This Lifetime Tour merupakan konser musik pertama di SUGBK pascarenovasi. Ini juga kali pertama tujuh personel GNR tampil dalam formasi lengkap di Indonesia. Karena antusiasme yang tinggi, promotor Third Eye Management (TEM) dan UnUsUal Entertainment mengerahkan ribuan aparat keamanan untuk mengamankan jalannya konser.

Penampilan GNR kali ini sangat berkesan. Tiga personel awal, vokalis Axl Rose, gitaris Slash, dan basis Duff McKagan, tampil sepanggung di Indonesia. Mereka kembali bertemu dalam format band pada 2016. Penggemar di Indonesia tentu sangat menanti penampilan ketiganya secara bersamaan.

Dale Skjerseth, manajer produksi GNR, menegaskan bahwa tujuh personel GNR sudah siap menghibur. ’’Mereka sangat kompak dan happy begitu tiba di Jakarta. Apalagi mau ketemu fans mereka,’’ ujar Skjerseth kemarin saat jumpa pers di GBK. Konser bakal dimulai pukul 20.00. Selama tiga jam, Rose dan kawan-kawan siap menghibur dengan lagu-lagu lama dan baru mereka. Skjerseth tidak memberikan perincian jumlah lagu. Namun, dia menjamin para fans bakal puas. ’’Kalian tidak akan kecewa dengan konser ini. Dijamin,’’ tegasnya.

Dari segi teknis, penyelenggara tidak main-main. Peralatan lighting, sound, hingga LED yang disiapkan mencapai 40 ton! Semua ditata rapi di salah satu stadion ikonik Indonesia tersebut. ’’Ini konser yang megah dan besar,’’ ujar Samantha Tzovolos, perwakilan promotor.

Karena cukup legendaris dan berpengaruh, GNR menarik perhatian sejumlah tamu spesial. Di antaranya, para musisi dan personel band rock Indonesia. Ada personel Gigi, Barasuara, Sheila on 7, Burgerkill, dan Padi. ’’Mereka akan menyaksikan GNR dari Rock Zone,’’ ungkap Adib Hidayat, perwakilan promotor.

Dia menambahkan, penampilan besok malam akan menjadi konser solo bagi GNR. Tidak ada bintang tamu atau opening act. Tapi, bakal ada yang spesial. ’’Akan ada penyanyi yang membawakan lagu Indonesia Raya di pembukaan,’’ kata Adib.

Hari ini (7/11) GNR dijadwalkan menjalani geladi resik dan check sound di SUGBK. Mereka mengaku cukup nyaman berada di Jakarta. ’’Pokoknya, harus ada nasi goreng dan rendang sebagai riders,’’ ujar Skjerseth, lantas tersenyum.(gnr)

Kirim Komentar