07 Nov 2018 14:57

20-an Perangkat Daerah Tak Peduli PUG

MyPassion
Ilustrasi.(pikdo.me)

MANADO—Ternyata belum semua perangkat daerah (peda) di Pemprov Sulut peduli dengan Pengarusutamaan Gender (PUG). Hal ini terungkap dari verifikasi PUG di Sulut oleh Tim Independen Verifikasi Pemberian Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya, Selasa (6/11).

 

Ketua Tim Independen Verifikasi Pemberian Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya Rudi Purboyo mengatakan, PUG harus menjadi perhatian semua peda.

"Jadi ini harus menjadi perhatian semua perangkat daerah di Pemprov Sulut jika ingin mendapatkan penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya. Memang sudah bagus, perangkat daerah yang menerapkan dan memperhatikan PUG ada di atas 50 persen di Sulut. Namun baiknya semua perangkat daerah memang menyeriusi masalah PUG ini," ungkapnya.

Menurutnya, jika semua peda dapat mengatur program dan anggaran untuk PUG, maka tercapainya kesetaraan dan keadilan gender akan semakin dekat.

"Untuk mencapai itu, semua perangkat daerah harus memberikan perhatian serius. Salah satunya adalah mengalokasikan anggaran untuk kegiatan penyamarataan gender. Kan praktiknya sekarang masih ada sekitar 20 perangkat daerah di Pemprov Sulut yang belum memberikan perhatian serius. Harusnya ini tetap dialokasikan untuk kegiatan penyamarataan gender. Dan ini masalah serius, karena berkaitan erat dengan program pusat," ungkapnya.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Sulut Mieke Pangkong mengatakan, sekarang peda di Sulut sudah 30-an yang memberikan alokasi anggaran dan program penyamarataan gender. Untuk tahun depan, dia akan berkonsultasi dengan semua kepala peda agar meningkatkan kegiatan terkait PUG.

"Kita posisi sekarang sudah sekitar 60 persen peda yang sangat memperhatikan PUG ini. Alokasi anggaran dan kegiatan juga memang ada di sekitar 30-an peda. Namun itu, akan kita tingkatkan 100 persen di tahun depan," ujarnya.

Diketahui, Anugerah Parahita Ekapraya adalah bentuk pengakuan atas komitmen dan peran para pimpinan kementerian/lembaga dan pemerintah daerah dalam memwujudkan kesetaraan dan keadilan gender melalui strategi PUG. (tr-02/can)

Kirim Komentar