04 Nov 2018 14:55

Kuda Pacu Mc Kinly Milik OD Sabet Juara Piala Bupati dan Wabup Minahasa 2018

MyPassion
Kejuaraan Pacuan Kuda, Roda Sapi dan Bendi Kalaper Piala Bupati dan Wakil Bupati (Wabup) Minahasa sukses digelar di Gelanggang Pacuan Kuda Maesa Tompaso Sabtu (3/11). (Istimewa)

MANADOPOSTONLINE.COM - Kuda pacu Mc Kinly dari Miranda Stable milik Olly Dondokambey (OD) sukses meraih juara satu di kejuaraan Pacuan Kuda, Roda Sapi dan Bendi Kalaper Piala Bupati dan Wakil Bupati (Wabup) Minahasa yang dilaksanakan dalam rangka memperingati hari ulang tahun (HUT) ke 590 kabupaten Minahasa, Sabtu (3/11) di Gelanggang Pacuan Kuda Maesa Tompaso.

Kuda pacu Mc Kinly dengan joki Soni Wenas yang baru kali pertama ikut di kelas terbuka sprint jarak 1300 meter berhasil menaklukan para lawannya. Sebelumnya kuda pacu milik OD itu terjun di kelas calon remaja.

Mc Kinly berhasil meninggalkan jauh kuda pacu sprinter terbaik yang selalu merajai kelas terbuka sprint di Sulawesi Utara bahkan Nasional. Seperti kuda pacu Star Princess dari Ibantong Stable milik Bupati Bolaang Mongondouw Timur Sehan Landjar SH, Torona Princess dari Torona Stable milik Mashal Kasenda dan Star Princes dari Princess Star milik Pdt Ferdinand Tumbol Sth.

Kemenangan kuda pacu Mc Kinly milik Gubernur Sulut di kelas terbuka sprint jarak 1.300 meter ini, menjadi aset  bagi kontingen Pengurus Provinsi Sulut untuk meraih prestasi dalam Kejuaraan Nasional Pacuan Kuda Pordasi Seri 2 Piala Presiden pada tanggal 15 dan 22 Desember 2018 mendatang di Gelanggang Pacuan Kuda Maesa Tompaso.

Selanjutnya di partai lainnya, pada kelas calon remaja jarak 1300 meter, kuda pacu dari Tonsea Stable milik Emil B Karim masing masing Madania Tonsea yang ditunggangi joki S Sondakh dan Onix Tonsea yang dibawa joki R Rorompandey, berhasil meraih juara 1 dan 2.

Kemenangan kuda pacu dari Tonsea Stable ini merupakan aksi balas dendam setelah gagal meraih juara pada kejuaraan pacuan kuda, roda sapi dan bendi kalaper Piala Panglima TNI yang dilaksanakan pada tanggal 6 Oktober lalu.

Untuk kelas calon derby jarak 1600 meter yang diikuti tujuh kuda pacu, terjadi kejutan dimana kuda pacu Terminator Polman dengan joki S Sondakh dari AIM Stable milik Andi Ibrahim Masdar asal Sulbar yang tidak diunggulkan berhasil mengalahkan kuda pacu Manjusha dengan joki S Wenas dari Miranda Stable milik Andrea N.Supit asal Minahasa dan kuda pacu Matahari Tonsea dengan joki B Paseki dari Tonsea Stable milik Emil B Karim asal Minut.

Kejuaraan Pacuan Kuda, Roda Sapi dan Bendi Kalaper Piala Bupati dan Wabup Minahasa tahun 2018 ini diikuti tujuh provinsi. Selain Sulut, ada Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Gorontalo, Jawa Timur, Jawa Barat dan DKI Jakarta serta disaksikan langsung Bupati Minahasa Ir Royke O Roring MSi.

Turut hadir Panglima Kodam XIII Merdeka yang diwakili Letkol I Ketut Sujana, Kadispora Sulut MM Sendoh SH, Kaban Kesbangpol Sulut Drs M M Onibala MSi, Kadis Perkebunan Sulut Ir Refly Ngantung, Forkompinda Kabupaten Minahasa, Jajaran Pejabat Kabupaten Minahasa serta disaksikan ribuan penonton. (mpo)

Kirim Komentar