27 Okt 2018 07:47

UTBK Nabrak UNAS

MyPassion

MANADO—Secara resmi Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), sebagai pelaksana SNM-PTN, ujian tulis berbasis komputer (UTBK), dan SBM-PTN, belum resmi dikukuhkan. Namun mereka sudah melansir jadwal tentatif pelaksanaan ujian tahun depan. Meskipun pelaksanaan UTBK berpotensi bertabrakan dengan Ujian Nasional (UNAS) 2019, siswa tak perlu khawatir.

 

Rektor Unsrat Prof Ellen Kumaat mengaku telah menerima petunjuk pelaksanaan SNM-PTN dan SBM-PTN tersebut. “Sudah ada informasinya yang diteruskan dari kementerian ke Unsrat,” singkat Prof Ellen. Unima juga demikian. “Surat edarannya sudah ada. Ya, di daerah ikut aturan dari pusat,” beber Rektor Prof Julyeta Paula Runtuwene, melalui Humas Panlok 86 Unima Tondano Irwany Maki.

 

Sebagaimana diketahui tahun depan berlaku skema baru dalam SBM-PTN. Pelaksanaan ujian tidak lagi bebarengan dengan pemilihan program studi (prodi). Pada skema yang baru, ujian digelar lebih dahulu dengan nama UTBK. Kemudian berbekal nilai yang didapat saat UTBK, pelamar baru mendaftar SBM-PTN.

Berdasarkan jadwal tentatif yang beredar pendaftaran UTBK dilaksanakan pada 12 Januari-27 Maret. Kemudian ujiannya digelar pada 30 Maret sampai 26 Mei. Total ada 12 kali pelaksanaan UTBK dalam kurun waktu tersebut. Kemudian nilai UTBK dikeluarkan pada 10 April sampai 2 Juni. Lalu pendaftaran SBM-PTN 2019 secara online digelar pada 10 sampai 24 Juni. Terakhir pengumuman hasil SBM-PTN disampaikan pada 9 Juli.

Sementara itu Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) sampai saat ini belum melansir secara resmi jadwal UNAS 2019. Jika jadwal tentatif UTBK 2019 dipadukan dengan prakiraan UNAS 2019, maka pelaksanaan UTBK bertabrakan dengan jadwal UNAS. Sekretaris Panitia Pusat SBM-PTN 2019 sekaligus Rektor ITS Surabaya Joni Hermana menuturkan masyarakat tidak perlu khawatir dengan jadwal UTBK yang bertabrakan dengan UNAS itu.

123
Berita Terkait
Kirim Komentar