26 Okt 2018 08:36

Berebut 6 Kursi Panas DPR RI, Jagoan Parpol Pengusung Jokowi Bakal Mendominasi

MyPassion

MANADO—Persaingan memperebutkan kursi Senayan (baca: DPR RI) dari daerah pemilihan (dapil) Sulawesi Utara (Sulut) dipastikan ketat dan seru. Dikarenakan hanya enam kursi yang menjadi jatah Sulut. Sementara komposisi calon legislatif (caleg) DPR RI dihuni nama-nama beken yang tersebar di beberapa parpol.

Pengamat politik Sulut, Dr Stefanus Sampe menilai, peta kekuatan untuk DPR kemungkinan besar masih didominasi partai koalisi pengusung capres dan cawapres, Joko Widodo-Ma’ruf Amin. Apalagi penyelenggaraan pemilihan legislatif (pileg) bersamaan dengan pemilihan presiden (pilpres).

“Sehingga caleg dari partai pendukung masih diunggulkan dengan popularitas Jokowi. Yang sampai saat ini prosentasi popularitas dan elektabilitas Jokowi terus meningkat. Jadi parpol yang turut mendukung Jokowi untuk bertarung dalam pilres 2019 nanti, juga memperoleh imbas atau keuntungan," ujar akademisi Unsrat ini.

Dia pun memprediksi parpol yang akan mendominasi kursi DPR dari Sulut yaitu PDIP. Bahkan PDIP diyakini bakal mampu meraup tiga kursi. Sementara sisa kursinya bakal direbutkan Golkar, Nasdem, Demokrat, dan PPP. 

“PDIP basis suara diketahui merata di kabupaten/kota. Lalu Golkar basis suaranya di Minahasa, khususnya Minahasa Selatan. Lalu PPP di Bolmong raya, serta Nasdem kemungkinan di Nusa Utara. Sedangkan untuk Demokrat meski tak masuk koalisi Jokowi-Amin, namun figur EE Mangindaan masih sangat diperhitungkan," terangnya.

Terpisah, Ketua PDIP Sulut Olly Dondokambey (OD), memang menargetkan tiga kursi untuk DPR RI. Menurutnya target itu bukan hal sulit.

“Lima tahun lalu kita belum banyak bupatinya, kalau ini kan sudah banyak. Tiga kursi bukan hal yang susah. Suara kita dulu 449.000, sekarang tidak ada bilangan pembagi. Jadi tinggal cari 150.000. Kalau sudah 600.000 ribu. Pemilih kita di Sulut 1,3 juta. Kemudian ada salah satu partai 'terpeleset' tak capai 4 persen (parliamentary threshold), suaranya lari ke kita,” jelasnya.

12
Kirim Komentar