24 Okt 2018 10:40

Jaksa Cantik Bekali Warga Soal KDRT

MyPassion
Warga yang hadir didominasi orang tua dan kaum perempuan Kelurahan Pangolombian. (Istimewa)

TOMOHON -- Satgas TMMD ke-103 Pangolombian tidak hanya berkarya lewat program fisik maupun sosial. Melainkan juga memberikan sosialisasi tentang kekerasan Dalam Rumah Tangga(KDRT) kepada warga Masyarakat, yang disajikan oleh perwakilan Kejaksaan Negeri Tomohon Mariska  Kandou SH, MH pada Selasa (23/10) sekira pukul 17.00 wita di Aula Balai Kelurahan Pangolombian.

Dalam sosialisasi tersebut Meriska mengangkat tentang landasan sosiologis yang meliputi, rendahnya kadar kualitas perilaku manusia, tidak terkontrolnya pengendalian diri, tingginya kekerasan fisik, seksual dan penelentaran, dan masih terdapatnya kelompok tersubordinasi yakni kaum perempuan.

"Pemberian Sosialisasi tentang KDRT ini tujuannya adalah untuk mencegah kekerasan di dalam rumah tangga, melindungi korban dalam rumah tangga, menindak pelaku KDRT, serta memelihara keutuhan rumah tangga yang harmonis," jelas Kandou

Selain itu jaksa cantik ini menyampaikan tentang bentuk-bentuk KDRT antara lain, Fisik yakni rasa sakit, jatuh sakit/luka berat, Psikis yaitu, ketakutan, hilangnya rasa percaya diri, rasa tidak berdaya dan lain-lain, Seksual, yaitu pemaksaan Seks termasuk motif komersial, penelantaran rumah tangga ketergantungan secara ekonomis." Hal ini menurut mempunyai landasan Yuridis yaitu KIHP, KUHAP, UU No.1 Tahun 1974, UU No. 7 Tahun 1984 ( CEADAW ), UU No. 39 Tahun 1999 (HAM)," terangnya.(wam)

Kirim Komentar