23 Okt 2018 12:52

Tondano Raya Rawan DBD

MyPassion
Yuliana Kaunang

MANADOPOSTONLINE.COM — Kelurahan Watulambot, Kecamatan Tondano Barat, ternyata adalah epicenter perkembangbiakan nyamuk Aedes aegepty, penyebar penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD). Data Dinas Kesehatan Kabupaten Minahasa, selang Januari-Oktober terdapat 65 kasus dan lima di antaranya meninggal dunia. Dua korban terakhir meninggal pada Agustus dan Oktober ini, adalah warga Kelurahan Watulambot. Korban terakhir meninggal di RSUD Kandou, setelah dirujuk dari RSUD Sam Ratulangi Tondano.

Untuk itu, Bupati Minahasa Ir Royke O Roring MSi (ROR) pun mengingatkan kepada masyarakat agar tetap menjaga kesehatan dengan terlebih dahulu memperhatikan kebersihan lingkungan sekitar. "Apalagi memasuki musim penghujan seperti ini. Banyak penyakit muda terjangkit. Oleh karena itu marilah kita sama-sama menjaga kebersihan lingkungan. Karena kebanyakan penyakit datang dari lingkungan yang kotor," imbau ROR.

Hal yang sama juga dikatakan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Minahasa dr Yuliana Kaunang MKes. Dirinya mengimbau warga agar menjaga kebersihan lingkungan sekitar, karena nyamuk bisa datang bila lingkungan kotor.

Kaunang menjelaskan, kasus meninggal dunia memang paling banyak terjadi di wilayah Tondano Raya. Diungkapkannya kasus DBD terjadi disebabkan lingkungan yang kotor dan banyak genangan air, yang menyebabkan nyamuk Aedes aegypti penyebab penyakit DBD berkembang.

"Dinkes sudah melakukan penindakan, seperti fogging. Akan tetapi untuk pencegahan itu datangnya dari masyarakat, yang secara bersama-sama rajin membersihkan lingkungan serta bila ada barang-barang bekas dapat dibuang karena bisa menjadi lokasi nyamuk," jelasnya.

Ditambahkannya, fogging sudah dilakukan di semua wilayah yang melaporkan adanya kasus DBD. Namun, fogging hanya membunuh nyamuk yang sudah beterbangan tidak membasmi jentik nyamuk. "Sedangkan untuk membasmi jentik nyamuknya, itu harus ada peran dari seluruh masyarakat. Semua harua proaktif membersihkan lingkungan," tutupnya. (tr-03/tan) 

Kirim Komentar