22 Okt 2018 10:52
Masuk Musim Penghujan, Warga Diminta Waspada

80 Persen Wilayah Rawan Bencana Alam

MyPassion
Hujan deras besertai angin kencang, mengakibatkan pohon tumbang di ruas jalan Kombi. (Dok BPBD)

MINAHASA— Pertengahan Oktober ini intensitas hujan meningkat di sejumlah wilayah Sulut salah satunya di Kabupaten Minahasa. Untuk itu masyarakat diminta harus lebih waspada. Terlebih di daerah yang sering menjadi langganan bencana banjir dan tanah longsor.

Baru-baru ini bencana longsor mulai mengancam. Sabtu (20/10), hujan deras besertai angin kencang yang turun, mengakibatkan tanah longsor dan pohon tumbang di ruas jalan Kombi, yang membuat akses jalan sempat tertutup.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Minahasa Johanis Pesik SIP mengatakan, ketika diketahui ada bencana pihaknya langsung segera turun untuk melakukan penanganan.

Lebih lanjut Pesik menjelaskan 80 persen dari seluruh wilayah Kabupaten Minahasa merupakan daerah rawan bencana alam dan yang perlu diwaspadai masyarakat yaitu bencana banjir dan tanah longsor. "Untuk itu kami mengimbau kepada masyarakat Kabupaten Minahasa untuk selalu bersikap waspada, mengingat bencana bisa terjadi kapan saja dan di mana saja,” ungkapnya.

Memang menurutnya dalam situasi sekarang belum tergambarkan akan adanya cuaca buruk. “Namun dipastikan ke depan cuaca buruk akan melanda seperti angin kencang, sudah pasti ancaman longsor dan banjir mengancam," imbaunya.

 Terpisah Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Minahasa Alex Dotulong mengharapkan kerja sama dari aparat desa maupun pemerintah kecamatan untuk melaporkan jika ada wilayah yang mengalami bencana baik longsor maupun banjir.

“Jika ada bencara longsor di desa, maka pemerintah desa harus proaktif. Dalam hal memberikan informasi. Misalnya, di desa terjadi longsor atau banjir, maka langsung memberikan informasi ke pemerintah kecamatan, dan pemerintah kecamatan meneruskan ke kita. Bisa juga langsung ke BPBD, yang pasti langsung memberikan laporan,” tandasnya. 

Wilayah Rawan Bencana 

LONGSOR

Kecamatan Tombulu

Kecamatan Pineleng,

Kecamatan Sonder

Kecamatan Kakas

Kecamatan Kakas barat

Kecamatan Eris

Kecamatan Lembean Timur

Kecamatan Kembi

Kecamatan Tondano Utara

Langowan

Kawangkoan

BANJIR

Kecamatan Tondano Raya

Kecamatan Romboken

Kcamatan Eris

Kecamatan Kakas

Kecamatan Tombariri

Kecamatan Mandolang

Kecamatan Tombulu

Kecamatan Sonder

Sumber: BPBD, 2018

(tr-03/tan)

Kirim Komentar