20 Okt 2018 09:08

Tanggul Jebol Diperbaiki

MyPassion
Sangadi Togid mengawasi proses pengerjaan tanggul jebol, kemarin. (Ayurahmi Rais/MP)

BOLTIM--Tanggul penahan air di Desa Togid, yang sebelumnya jebol mulai diperbaiki Balai Wilayah Sungai Sulawesi I. "Sekarang dalam tahap perbaikan," ungkap Sangadi Togid Adi Makalungsenge, kemarin.

Dia menjelaskan secara rinci tanggul yang akan diperbaiki tersebut. Yakni memiliki panjang 22 meter, tinggi 2x80 meter, lebar atas 40 centi meter dan lebar bawah 1x30 meter. "Masa perbaikannya memakan waktu enam hari kalender," sebutnya.

Sementara untuk anggarannya, sangadi yang baru bertugas tersebut enggan membeber. "Soal anggaran saya tidak tahu. Karena itu tanggung jawab pihak pelaksana Balai Sungai. Kami di desa hanya mengawasi saja proses pengerjaannya," katanya.

Dia pun berharap, tanggul tersebut bisa mencegah luapan air sungai. “Dilihat dari pengalaman lalu, tanggul penahan air tidak mampu menahan derasnya tekanan air sungai apabila terjadi hujan yang cukup lama,” katanya.

Lanjut dia, apabila tanggul sudah selesai diperbaiki masyarakat akan perkokoh tanggul dengan timbunan tanah. "Nanti saya akan lakukan kerja bakti bersama masyarakat sekitar. Dengan mengisi karung tanah lalu ditumpuk di samping tanggul agar mampu menahan tekanan air sungai yang sangat kuat,” kuncinya. (tr-01/ite)

Kirim Komentar