19 Okt 2018 13:44

83 Aduan DPT Tembus Bawaslu

MyPassion
AWASI: Selain posko aduan yang dibuka Bawaslu dikunjungi masyarakat, posko pemutakhiran data pun ramai didatangi para wajib pilih. (Magdalena/MP)

MANADO—Daftar pemilih tetap (DPT) masih jadi PR penting penyelenggara Pemilu. KPU Kota Manado tak berhenti turun ke masyarakat, memastikan pemutakhiran DPT berjalan lancar. Di sisi lain, Bawaslu Manado melakukan pengawasan. Bahkan Bawaslu membuka posko pengaduan khusus untuk pemilih yang ingin melaporkan masalah DPT.

Diungkapkan Divisi Pengawasan, Humas dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Manado Taufik Bilfaqih, pihaknya terus memantau setiap aktivitas baik penyelenggara maupun peserta pemilu.

“Memang hal penting yang sedang diawasi adalah penyempurnaan DPT,” tukasnya. Bilfaqih menambahkan, Bawaslu Manado membuka posko pengaduan di setiap kelurahan dan kecamatan se-Kota Manado tentang DPT. “Sudah 83 pengaduan yang masuk terkait hal tersebut,” bebernya.

Rincian aduan masyarakat tersebut yakni. 52 aduan memastikan namanya terdaftar, 4 berencana pindah domisili, 3 aduan tidak terdaftar di DPT-HP, dan 1 aduan sudah melakukan perekaman tetapi belum terdaftar. “Kemudian 14 aduan melaporkan keluarganya sudah meninggal. 15 aduan pemilih yang elemen informasinya invalid, serta 4 aduan masyarakat yang sudah berusia 17 tahun,” paparnya.

Jumlah tersebut masih bisa bertambah karena posko pengaduan tetap dibuka. Dia mengimbau bagi masyarakat yang merasa belum terdaftar sebagai pemilih, bisa berkunjung ke posko terdekat di tiap kelurahan dan kecamatan masing-masing.

Di sisi lain, dari pantaun KPU menggerakkan sumber dayanya untuk melakukan pemutakhiran DPT. Tak tanggung-tanggung, KPU mendatangi sejumlah lokasi termasuk menggandeng Nyong Nona Manado. “Target kami, tak ada masalah di DPT Manado untuk Pemilu 2019. Itulah mengapa kami all out lakukan pembenahan pada DPT,” tegas Ketua KPU Manado Sunday Rompas.(magdalena/gel)

Kirim Komentar