18 Okt 2018 09:31

4000 Anak di Minsel Miliki KIA

MyPassion
Sekkab Minsel Danny Kaawoan resmi melaunching KIA, Rabu (17/10) kemarin. (Rangga Mangowal/MP)

MANADOPOSTONLINE.COM — Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Minahasa Selatan (Minsel) akhirnya melaunching Kartu Identitas Anak (KIA). Bertempat di Waleta Kantor Bupati Minsel, sebanyak 50 anak dari dua SD dan Paud di Minsel datang menghadiri launching yang dibuka langsung Sekkab Danny Kaawoan, Rabu (17/10) kemarin.

Kadisdukcapil Minsel Corneles Mononimbar mengatakan penerapan KIA bukan merupakan hal baru, namun telah berjalan sebelum launching digelar. "Ini program nasional untuk semua anak dibawah 16 tahun wajib memiliki KIA. Untuk Minsel, sudah sejak April lalu kita mulai mencetaknya. Hari ini hanya launchingnya saja. Sekira sampai saat ini sudah 4 ribu dari 60 ribu anak yang berumur 16 tahun ke bawah di Minsel," ungkapnya selepas kegiatan.

Mononimbar menambahkan, saat ini Disdukcapil Minsel telah membagi dua bagian pelayanan. Selain e-KTP sekarang sudah ada KIA untuk diprioritaskan. "Kalau yang sebelumnya semua sibuk dengan pelayanan e-KTP, sekarang sudah dibagi dengan KIA. Jadi akan ada bagian sendiri untuk melayani perekaman dan pencetakan KIA. Cukup bawa Kartu Keluarga (KK) dan akte kelahiran juga pas foto bagi yang berumur 5 tahun ke atas untuk didata dan kemudian langsung dicetak," pungkasnya sembari menyebutkan kegunaan KIA sangat perlu untuk mendata semua pelayanan yang akan didapati setiap anak di Minsel.

Sementara itu, Sekkab Minsel Danny Kaawoan menyebutkan, dengan adanya KIA maka pendataan anak akan lebih mudah. "Memiliki data identitas merupakan hak setiap manusia, tak terkecuali anak-anak. Jadi dengan KIA ini akan memudahkan pendataan anak dan semua keperluan seperti saat sakit, akan mudah untuk menerima BPJS dan beberapa pelayanan publik yang harus memiliki identitas. Anak-anak kini sudah akan mudah lagi mendapatkan pelayanan publik," tandas Kaawoan yang baru saja menjabat Sekkab. (rgm/ria)

Kirim Komentar