17 Okt 2018 08:39

Wakapolda `Pulkam`, Empat Kapolres Dimutasi

MyPassion
Ilustrasi

MANADOPOSTONLINE.COM — Sejumlah perwira jajaran Polda Sulawesi Utara dipromosi Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian. Salah satu yang dimutasi yaitu posisi Wakapolda Sulut Brigjen Pol Jhony Asadoma. Mutasinya berdasarkan ST/2593/X/KEP/2018 tanggal 14 Oktober 2018. Jenderal bintang satu ini pulang kampung ke Nusa Tenggara Timur (NTT). Ia segera menjabat sebagai wakapolda NTT. Sementara pengganti Asadoma yaitu dari Analis Kebijakan Utama Bidang Pidana Korupsi Bareskrim Polri Brigjen Pol Karyoto.

Selain Asadoma sejumlah kapolres, dan kepala Sekolah Polisi Negara Karombasan juga mendapat posisi yang baru. Kapolres Bitung AKBP Philemon Ginting diangkat sebagai Kabagbinkar ROSDM Polda Riau. Posisinya kini dipercayakan kepada seorang putra Sulut, yaitu AKBP Stefanus Tamuntuan. Tamuntuan sendiri saat ini masih bertugas sebagai kasatreskrim Polres Metro Jakarta Selatan Polda Metro Jaya.

Selanjutnya Kapolres Tomohon bakal dijabat AKBP Raswin Bachtiar Sirait, merupakan Kasubdit III Ditresnarkoba Polda Sulut. Sementara Kapolres AKBP I Ketut Agus Kusmayadi kini dipercayakan menjabat sebagai Wadirintelkam Polda Gorontalo.

Pejabat selanjutnya yaitu Kapolres Minahasa, yang segera dipimpin AKBP Denny Situmorang, dirinya saat ini masih menjabat sebagai Kapolres Kepulauan Talaud. Situmorang bakal menggantikan AKBP Christ Reinhard Pusung yang dipromosi sebagai Kasubbagada Baglog Korbrimob Polri. Sementara posisi kapolres Kepulauan Talaud bakal diisi AKBP Prasetya Sejati, yang masih memegang posisi Kasubditregident Ditlantas Polda Sulut. Selanjutnya ada AKBP Robby Rahardian yang akan menduduki kursi Wadiresnarkoba Polda Sulut.

Sementara itu, Kepala SPN Karombasan AKBP Henny Posumah kini dipromosi sebagai Kasepolwan Lemdiklat Polri. Posisinya bakal digantikan Kombes Pol Joko Surachmanto.

Di sisi lain, ada dua kantor kepolisian resor yang terjadi perubahan nomenklatur. Yaitu Polres Bolmong kini beralih menjadi Polres Kotamobagu dengan Kapolres AKBP Gani Siahaan. Kemudian Polres Sangihe menjadi Polres Kepulauan Sangihe dengan Kapolres AKBP Sudung Napitu.

Kabid Humas Polda Sulut Kombes Pol Ibrahim Tompo saat dikonfirmasi membenarkan adanya mutasi tersebut. “Iya betul. Ada beberapa pejabat utama yang dimutasi Mabes Polri,” singkat Tompo.

Selain pejabat di lingkungan Polda Sulut. Sejumlah putra Sulut yang bertugas di luar daerah juga mendapat promosi jabatan. Yaitu Kapolres Asahan Polda Sumut AKBP Yemmy Mandagi bakal menjabat Kabag RBP Rorena Polda Sumut. Kemudian ada juga Brigjen Pol Victor Manoppo yang digantikan Brigjen Asadoma. Manoppo kini dipromosi Wakil Ketua Bidang PPITK STIK Lemdikpol Polri.

Terkait mutasi ini, Kapolres Tomohon AKBP I Ketut Agus Kusmayadi  mengakui, masih banyak hal yang perlu diperbaiki, terlepas dari semua inovasi dan peningkatan yang sudah dibuat. “Namun, saya yakin apa yang sudah dilakukan saat ini, tak lepas dari kinerja keseluruhan semua anggota. Bukan karena kepemimpinan saya," ungkap Kusmayadi.

Kata dia, menjaga kondusifitas kota religi jadi tujuan utama dirinya. Keberagaman yang dimiliki kota bunga, patut dijaga semua pihak. Bermula dari masyarakat sebagai garda terdepan, penjaga kerukunan dan kedamaian. "Kiranya keberagaman dan kondusifitas yang saat ini terjaga, jangan sampai terpecah belah karena keinginan pihak-pihak yang ingin memecah belah," tukasnya.

Hal senada juga dikatakan Kapolres Minahasa AKBP Christ Pusung. “Banyak yang sudah diberikan masyarakat Minahasa kepada Saya. Namun masih banyak yang ingin saya perbuat untuk Minahasa. Kenangan serta tugas terbesar adalah ketika tahapan Pilkada baru-baru ini,” kenang Pusung.

Dirinya pun berharap kapolres yang baru AKBP Denny Situmorang agar dapat memberikan yang terbaik bagi Minahasa. "Kiranya keamanan akan terus diciptakan di tanah Malesung sampai tahapan pemilihan tahun depan,” ungkapnya.

Sementara itu, Kapolres Bitung AKBP Philemon Ginting hanya membenarkan mutasi tersebut. “Yah, sesuai surat telegram mutasi tersebut memang benar adanya,” singkat kapolres murah senyum tersebut. (tim mp/gnr)

Kirim Komentar