15 Okt 2018 20:14

Astaga... Mapolres Minsel Diserang

MyPassion
Simulasi penanganan konflik anarkis menghadapi Pemilihan Umum 2019 di Mapolres Minsel Senin (15/10). (Dok Polres Minsel)

MANADOPOSTONLINE.COM - Halaman Markas Polres (Mapolres) Minsel mendadak ricuh Senin (15/10).

Beberapa warga berpakaian sipil tiba-tiba terlibat aksi dengan aparat Kepolisian di halaman Mapolres Minsel.

Warga sekitar pun dikejutkan dengan adanya aksi tersebut.

Tapi tenang. Kejadian ini hanyalah simulasi penanganan konflik anarkis menghadapi Pemilihan Umum 2019.

Sebanyak 152 personil jajaran Polres Minahasa Selatan melaksanakan kegiatan latihan Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) dalam rangka Operasi Kepolisian Terpusat ‘Mantap Brata 2018’, pengamanan Pemilihan Umum tahun 2019.

Dimulai dengan rangkaian pembentukan Dalmas (pengendali massa) kerangka dimulai dari tim negosiasi, dalmas awal, dalmas lanjutan serta tim penindakan massa anarkis.

Latihan Sispamkota ini merujuk pada skenario situasi demonstrasi massa yang disimulasikan dalam bentuk kegiatan penanganan unjuk rasa damai, berlanjut pada penanggulangan massa anarkhis serta aksi penyelamatan Ketua KPUD yang disekap kelompok massa sebagai imbas dari penolakan hasil Pemilu.

Peragaan yang ditampilkan oleh ratusan personil Polres Minsel ini, sontak menyita perhatian dari masyarakat. Terpantau warga yang berada di seputaran lingkungan Polres Minsel turut menonton aksi latihan Sispamkota ini.

“Latihan Sispamkota ini penting dilaksanakan dalam rangka kesiapan personil serta sarana prasarana yang ada guna mendukung kegiatan pengamanan Pemilu 2019, baik Pileg maupun Pilpres, yang saat ini telah memasuki masa tahapan kampanye,” ungkap Kapolres Minsel AKBP FX Winardi Prabowo SIK. (wam)

Kirim Komentar